Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Belajar yang Tepat untuk Ujian Nasional

Pada kesempatan kali ini dwiblogblogan akan mencoba mengasih solusi untuk para adik adik yang akan menghadapi Ujian Nasional, atau pula pada bapak/ ibu yang putra putrinya mau menghadapi Ujian tahap akhir ini.
dwiblogblogan.blogspot.com
Gbr dari google

Saya akan sedikit berbagi tips, yang mana diambil dari pengalam saya waktu masih duduk di bangku sekolah dulu, mudah mudahan sedikit bisa membantu.

Karena menurut saya, cara belajar seperti ini mudah dan gampang di cerna otak. Dan kenyataanya saya bisa lulus dengan hasil yang menurut saya sangat memuaskan, sebanding dengan perjuangannya.

Adapun caranya adalah sebagi berikut'

Tips Belajar yang Tepat untuk Ujian Nasional



Disini saya akan membagi 3 bagian dalam belajar, yang pada waktu itu di sarankan oleh guru walikelas saya, yang di antaranya"
* Belajar sendiri di rumah.
* Belajar berkelompok.
* Mengikuti Les .

Mari di uraikan penjelasanya satu persatu"

A. Belajar sendiri di rumah


Apa saja yang perlu "sobat pelajar" lakukan dengan belajar di rumah, utuk persiapan Ujian Nasional

1. Pilih waktu yang tepat untuk belajar.
Pilihlah waktu yang enak, nyaman dan tentram untuk memulai belajar. Dengan memilih waktu yang dirasa tentram dan nyaman, saya anjurkan dalam belajar pilihlah waktu pada ⅓ malam sehabis sholat tahajud.

Kenapa demikaian,,?

Karena pada jam segitu suasananya enak, bahkan pikiran pun jernih, karena otak habis di istirahatkan ( tidur). Juga pada waktu/ jam itu, tidak ada gangguan dari hiruk pikuk lingkungan sekitar. Karena belum adanya aktifitas kehidupan.

Syarat agar bisa bangun jam ⅓ malam atau kira kira pukul 02,30 adalah, "sobat pelajar'' harus mulai tidur lebih awal kira kira habis sholat isya, sebelum tidur siapkan dulu bahan bahan yang mau di pelajari sehingga nantinya tinggal membuka, membaca dan menghafalnya saja.

Cara ini di yakini lebih bagus, dari pada harus belajar dari habis magrib sampai jam 23.00, yang akhirnya mengatuk karena sudah lelah dengan aktifitas pada siang hari.

2. Merangkum Pelajaran
Maksudnya" dalam posisi membaca, apabila ditemukan kalimat penjelasan atau suatu hal yang dirasa penting di tulis dalam buku rangkuman.

Gunanya merangkum adalah, untuk memudahkan dalam menghafal dan bisa langsung di serap otak.

Karena ketika kita sedang menulis, tanpa di sadari otak kita bisa mengcopy sesuatu yang kita tulis, walaupun tidak keseluruhan. Jadi bisa membatu memudahkan "sobat pelajar" dalam menghaval. Karena sudah sedikit menguasai rangkuman tersebut.

3. Menghafal dan memahami
Setelah "sobat pelajar" merangkum pelajaran, sekarang hafalkan dan pahami setiap kalimat dan pembahasanya. Biarpun tidak hafal tapi setidaknya paham, jadi nanti apabila ada soal yang keluar bisa di kerjakan.

4. Perbanyak belajar soal soal Ujian Nasional
Untuk mengetes apakah "sobat pelajar" sudah siap untuk bertempur melawan Ujian Nasional(UN), silahkan cari buku soal soal tentang UN tersebut. Isi setiap pertanyaan dan apabila sudah selesai samakan dengan kunci jawaban.

Sehingga sobat, bisa mengkoreksi diri apakah kemampuan utuk menghadapi ujian sudah di nyatakan siap atau belum.

B. Kerja kelompok


Adapun belajar dengan cara kerja kelompok di lakukan dengan cara berkumpul dengan teman sekolah, yang sama sama mau melaksanakan Ujian Nasional.

Kegiatan yang di lakukan antara lain"

1. Tanya jawab soal UN
Mengenai tanya jawab soal, di lakukan dengan cara" satu orang membacakan soal dan yang lain menjawab, lakukan sebanyak mungkin tentang tanya jawab soal, agar soal soal tersebut bisa nyantol di pikiran. Dan sewaktu waktu ada soal ujian yang bersangkutan keluar, terasa tidak asing lagi.

Bahan pertanyaan untuk tanya jawab sebaiknya adalah soal tentang pilihan ganda.

2. Menanyakan rumus dan penjelasanya ke teman.
Biasanya mengenai rumus, tidak jauh dari pelajaran matematika, biarpun sobat sudah hafal tentang rumusnya tapi kalau tidak paham tentang cara mengembangkan rumus tersebut bisa bikin puyeng kepala, dan akhirnya jawabanya nol.

Jadi utungnya kerja kelompok yaitu bisa tukar pikiran tentang pelajaran, dan unek unek yang belum terpecahkan tentang pelajaran.

C. Mengikuti Les


Mengikuti les mata pelajaran sangatlah di sarankan, karena dengan mengikuti les tersebut, kita sedikit lebih mudah dalam mengerjakan soal Ujian nanti, sebab biasanya guru les tersebut sudah mempredisikan soal soal apa yang biasanya sering keluar di Ujian Nasional.

Maka dari itu carilah guru les yang sudah terbukti bisa membimbing dan menjamin kesuksesan untuk Ujian Nasional. Memang kalo di kota sedikit perlu mengeluarkan uang untuk biaya les, tapi hasilnya kan bisa di rasakan.

Kalo saya dulu, lesnya gratis karena memang di anjurkan oleh kepala sekolah.

Penutup


Sobat atau adek adeku "para pelajar" persiapkan sejak awal untuk Ujian Nasionl, jangan menunda nunda waktu untuk belajar.

Dalam nengerjakan soal UN sebaiknya tidak usah tegang rileks aja nyantai, kerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang sulit. Berdoa dan minta restu orang tua, karena doa orang tua di dengarkan oleh Alloh.

Saya rasa cukup sekian artikel Tips Belajar yang Tepat untuk Ujian Nasional dari saya, semoga bisa membatu, buat adik adik atau sobat pelajar yang mau bertempur dengan Ujian Nasional. TERIMAKASIH

12 comments for "Tips Belajar yang Tepat untuk Ujian Nasional"

  1. Ini sangat cocok buat adik-adik yang sedang UN, mas, saya baca saja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah tak kasih adik bacs, ini sku bslik pingin baca lagi :)

      Delete
    2. Heee..silahkan di baca lagi mba nel..

      Delete
  2. Saya lagi maw UN mas, bisa nih diterapkan...

    Sdkt kritik : mash ada typo dalam penulisan dan ketidak sinambungan tulisan...

    ReplyDelete
  3. kalo saya menerapkan yang poin satu dan dua mas, kalo untuk les mah belom pernah kecuali les yang diadakan pihak sekolah (gratis) kalo waktu SMA mah disebutnya PM (Pendalaman Materi) bukan Perdana Menteri lho yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia,,mas marnes,,tapi kalo jaman sekarang, di tempat saya tinggal les pada mbayar mas, ngga ada PM,,,kaya dulu di kampung.

      Delete
  4. Alhamdulillah waktu saya sekolah SD dan SMP memang saya tergolong anak yang baik dan memang masih unyu-unyu banget, rajin belajar dirumah terus waktu masih SD kebiasaan saya mah biasanya ngadain semacam sekolah-sekolahan sama teman, yang satunya ceritanya berperan sebagai guru yang membuat soal yang lain jadi muridnya, dan ini dilakukan bergantian, ada lagi biasanya saling tanya jawab bergantian dengan teman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh..ternyata mas marnes dulunya murid yang rajin dan teladan yah...pantes sekatang jadi orang sukses...mantep mantep mas

      Delete
  5. wah pas banget bentar lagi unas, perlu persiapan yang matang

    ReplyDelete

* Untuk sobat sobat semua,..silahkan isi komentar dengan hal hal yang pasitif..

* dilarang keras, dalam memasukan link aktif, dan pengiklanan.