Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tehnik menghemat Listrik yang Harus Anda Ketahui

Ini adalah salah satu bagian yang sering di keluhkan oleh kebanyakan masyarakat, yaitu tentang pengeluaran biaya untuk listrik tiap minggu atau tiap bulanya.
www.dwisangpetani.blogspot.com
Lustrik boros dompet kosong
Gbr dari google

Mungkin yang masih pakai listrik bersubsidi dari pemerintah masih bisa bernafas lega, yaitu golongn daya listrik 450v , yang mana biayanya masih rendah, dengan kapasitas listrik yang lumayan. Beda halnya dengan listrik di luar subsidi, yaitu golongan daya listrik 900v, 1300v sampai 3500v yang mungkin terbilang lebih mahal dan boros, ini yang bikin kita ngeluh dan mengusap jidat.

Memang sekarang sudah jamanya pake token listrik, tapi mau di bilang apalagi namanya kebutuhan, boros ya tetep boros. Apalagi di bagian perumahan KPR sekarang, yang katanya harga rumahnya subsidi, tetep saja meteran listriknya bukan subsidi, yaitu berdaya 1300v, bahkan yang 900v yang tadinya masih subsudi sekarang sudah di rubah jadi nonsubsidi. Jadi biaya pemakaian listrik lebih boros.

Maka dari itu sobat harus bisa menyiasati bagaimana biar listrik kita tidak boros, sehingga sedikit bisa mengurangi pengeluaran uang yang berlebih.

Berikut adalah tekhnik yang mungkin sedikit bisa membatu, untuk mengurangi pemakaian listrik yang berlebihan, mari di simak baik baik"

Tehnik Menghemat Listrik yang Harus Anda Ketahui


Adapun langkah dalam penghematan listrik ini sobat bisa memulainya dari,

Mencabut colokan kabel yang tidak terpakai


Colokan kabel yang di maksudkan di sini adalah" colokan kabel seperti carger, tv, pokoknya barang barang yang ada hubunganya dengan listrik.

Biarpun dalam posisi tidak aktif, tetap akan memakan arus listrik, biarpun tak seberapa tapi kalo keseringan kan sayang.

Mengganti meteran listrik dengan sistim pulsa( elektonik)


Penggunaan listrik dengan sistim pulsa akan menghemat pemakaian, sebetulnya si tergantung dari kitanya sendiri, antara ingin hemat apa borosnya' cuman dengan sobat menggunakan sistim pulsa ini, sobat bisa melihat dan menentukan target pemakaian, dikarenakan banyaknya daya listrik yang tercantum pada sistim pulsa ini, jadi sobat bisa menentukan anggaran listrik perbulanya.

Dan apabila pulsa sudah limit sistim akan membunyikan tanda, yang berarti bahwa apabila tidak di isi pulsa, dalam arti pulsanya isinya sampai 0, maka listrik akan padam dengan sedirinya.
Naaah" apabila pengin menghemat biaya listrik lagi, apabila listrik padam tidak usah di isi lagi,,pakai lilin saja..he..hee

Menghemat dalam pemakaian lampu


Ini yang sering tidak sobat sadari lampu yang di pakai merupakan jenis lampu murahan,, sehingga dayanya besar dan mudah konsleting bahkan sampai lampunya kadang gosong.

Sedangkan apabila dalam pemakaian listrik terjadi kekonsletan maka bisa menghabiskan arus listrik yang lumayan besar.

Lebih baik pakai lampu yang sedikit mahal tapi awet , atau sobat bisa pakai jenis lampu LED di samping awet lampu ini juga sangat hemat listrik dan menyala terang .

Lampu jenis LED ini sekarang sudah banyak yang menjual, terutama di toko toko elektronik dan penjual lampu lainya.

Gunakan AC seperlunya


AC merupakan mesin pendingin yang sangat boros dengan listrik. Kebanyakan pemakaian AC dilakukan karena keadaan ruangan rumah yang pengap dan panas, seperti di perumahan, rumah susun yang mana fentilasi udaranya sangat terbatas, di karenakan antara rumah yang satu dengan yang lain berhimpitan. Menjadikan udara tidak bisa masuk dan keluar dengan bebas. Sehingga solusinya yaitu memakai AC.

Tapi efek dari pemakaian AC ini kalo pemakaianya tidak terkontrol akan terlalu banyak memakan arus listrik, sehingga biaya yang di keluarkan untuk listrik akan besar. Jadi lebih baiknya pakailah AC seperlunya saja, misalnya" pada saat saat yang penting saja seperti mau tidur dan ada tamu penting.

Untuk pemakaian AC yang tepat sebaiknya gunakan AC ½ pk pada kamar. Karena dengan ruangan yang terbatas seperti di kamar tidur ½pk sudah terbilang cukup dingin.

Hemat pemakain Magic Com


Pemakain magic Com atau pemasak nasi ini cukup terbilang boros listrik juga, utuk menyiasatinya sobat bisa lakukan hal sebagai berikut.
Saat sobat mau memasak nasi dengan magc com sebaiknya beras yang mau dimasak di panasi dulu dengan cara merebus dengan air sampai mendidih kemudian baru masukin ke magic com beserta airnya dan masak sampai tombol otomatisnya njeklek.

Tujuanya agar mempersingkat penggunaan magic com sehingga tidak menyedot listrik terlalu lama.

Pakai setrika dengan pengatur panas otomatis


Setrika merupakan alat pelicin dan pelembut pakaian jadi tidak jarang orang menggunakan alat ini. Namun siapa sangka alat ini sangat membutuhkan daya listrik yang lumayan besar, bahkan bisa lebih besar dari televisi dan alat elektronik yang lain.

Maka oleh itu supaya sobat bisa lebih menghemat listrik dalam pemakaian setrika, gunakan setrika yang di lengkapi dengan alat otomatis, sehingga apabila setrika bersuhu panas di atas rata rata akan mati secara otomatis dan apa bila setrika mulai dingin dia akan hidup secara otomatis.

Atu juga dalam menghemat listrik dengan menggunakan setrika, sobat bisa mengurangi pemakaian setrika secara berlebih. Pakailah setrika seperlunya saja, seperti menyetrika baju dinas atau baju yang pokok saja, seperti baju tidur, celana dalam bahkan baju bermain anak lebih baik jangan di setrika. Atau lebih bagusnya pakai setrika yang memakai arang bakar saja, agar tidak terlalu boros dengan listrik.

Pilih mesin cuci sesuai dengan kebutuhan


Hindari pembelian mesin cuci dengan kapasitas yang terlalu besar, karena semakin besar kapasitas pada mesin cuci semakin besar pula daya listriknya.

Jadi belilah mesin cuci sesuai dengan kebutuhan cucian sobat. Dalam pemakaian mesin cuci di usahakan jangn melebihi kapasitas, karena akan memperberat proses penggilingn sehingga akan memperbesar pula daya listrik pada mesin cuci tersebut.

Lebih menghematnya lagi dalam membilas hasil cucian di lakukan secara manual, yaitu dengan tangan saja. Sedangkan untuk pengeringanya bisa menggunakan mesin cuci.

Gunakan lemari es dengan bijaksana


Lemari es adalah suatu alat pendingin yang cukup dibilang tidak pernah mati, jadinya sangat memakan daya listrik cukup banyak. Maka dari itu dalam pemakaian lemari es ini harus bijaksana dalam arti tidak berlebihan.

Untuk menghemat listrik, dalm pemakaian lemari es apabila mau di tinggal beberapa hari lebih bagusnya kosongkan saja atau matikan lemari es. Sehingga tidak memakan listrik.

Selain itu hindari pemakaian lemari es dalam suhu yang sangat rendah, karena semakin rendah suhu lemari es semakin besar pula daya listriknya, hindari juga membuka pintu lemari es dalam waktu yang cukup lama, karena bisa merubah suhu dalam lemari es, yang mengakibatkan mesin otomatis kembali berproses.

Baca juga
Penyebab dan cara mengatasi konsleting pada listrik

Penutup


Sebetulnya penghematan listrik bisa dilakukan oleh kita, asalkan kita bisa cermat dalam pemakaianya, silahkan sobat coba, mulailah menghemat listrik dari hal sekecil mungkin agar sobat bisa terbiasa hidup dengan menghemat listrik, yang tentunya bisa memberikan efek yang bagus utuk keuangn sobat.

Saya rasa cukup sekian artikel tentang "Tehnik Menghemat Listrik yang Perlu Anda Ketahui" ini, semoga bisa bermanfaat, atas perhatiannya saya ucapkan TERIMAKASIH.


6 comments for "Tehnik menghemat Listrik yang Harus Anda Ketahui"

  1. Kebetulah listrik di rumah saya pakai pulsa mas, jadi tak terlalu terlihat apakah kami menggunakan terlalu boros atau nggak. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru kalo pake pulsa token, malah jadi mudah untuk mengetahuinya mba" Nel,,

      Delete
  2. haha iya sih kalau pakai token kudu bisa timing pas harus hemat
    tapi klo pas kepepet kayak mau setrika ya susah juga, itu butuh banyak soalnya

    ReplyDelete
  3. Bener mas,,,mending ngga usah di setrika...biar lebih ngiriit..heee

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah keluarga kami terbiasa hemat tidak berlebihan dalam penggunaan daya listrik, selama ini baik-baik saja. aman terjendali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini baru..keluraga cap jempol 10,,,bisa memanfaatkan kegunaan listrik dengan baik..mantep mba,may..

      Delete

* Untuk sobat sobat semua,..silahkan isi komentar dengan hal hal yang pasitif..

* dilarang keras, dalam memasukan link aktif, dan pengiklanan.