Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Gangguan Pada Kompor Gas

Apakabar sobat dwiblogblogan, ..?
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara mengatasi gangguan pada kompor gas.
dwiblogblogan.blogspot.com
Kompor gas Quontum
Gbr dari google

Artikel ini, saya ambil dari pengalaman saya saat berjualan cilor keliling. Yang mana kompor pada grobak cilor saya tiba tiba mati begitu saja tanpa ada gejala yang menandainya.

Pas pada waktu itu suasana lagi ramai pembeli, tiba tiba api pada kompor gas saya mati, sehingga membuat kecewa para pelanggan yang lagi pesan cilor saya. Akirnya para pembeli semua pergi, yang tersisa hanya rasa kesal dan gedeg pada diri saya terhadap kompor gas yang menjengkelkan ini.

Tanpa ambil pikir panjang, langsung saya cek satu persatu semua komponen pada kompor gas tersebut, setelah saya bongkar semua, akhirnya saya temukan ada kotoran pada selinder pemetik kompor.

Tepatnya pada lubang pelatuk keluarnya gas pada pemetik kompor. Setelah semua di bereskan akhirnya kompor kembali lancar.

Berikut langkah langkah saya dalam mendeteksi gangguan pada kompor gas tersebut"

Cara Mengatasi Gangguan Pada Kompor Gas


1. Mengecek pada kepala regulator

dwiblogblogan.blogspot.com
Regulator
Gbr dari google

Langkah pertama yang saya cek adalah regulatornya, bagaimana cara pengecekanya..?

  • Bukak regulator pada tabung gas tersebut.
  • Copot selang yang menghubungkan antara gas dengan kompor pada regulator.
  • Setelah di copot kemudian pasang kembali regulator pada tabung gas tanpa menggunakan selang.
  • Lihat hasilnya, kalo gas pada tabung keluar berarti regulator normal, apa bila mampet dan tidak kel keluar gas, segeralah cek pada pelor otomatis yang terdapat dalam legulator kompor biasanya pelor/ gotrinya menyumbat.
  • Solusinya" beri ganjal pada lubang keluarnya gas, yang terdapat pada regulator, sehingga tersedia ruang untuk keluar gas pada selah pelor regulatir.(berlaku untuk regulator yang pelornya nyumbat), kalo regulatornya masih bagus, lanjutkan ke pengecekan berukutnya.


2. Karet pada pelatuk tabung


Kalo karet pada pelatuk tabung jelek, biasanya bisa terjadi 2 hal:

  • Kalo regulatornya di pasang gas akan bocor dan ngempos.
  • Bisa terjadi pengganjalan pada kunci regulator, di sebabkan karet yang keras, sehingga ujung pelatuk regulator tudak bisa menekan, sumbu pada pelatuk tabung.

Solusinya, segeralah ganti karet pada subu gas.

3. Selang penghubung

dwiblogblogan.blogspot.com
Selang penghubung gas
Gbr dari google

Selang penghubung yang saya maksud di sini adalah, selang yang menghubungkan keluarnya gas untuk di sambungkan ke pemetik kompor.

Kendala yang sering terjadi pada selang penghubung"
Bocornya selang, di akibatkan karena selang sudah berumur tua(sudah lama), sehingga selang yang berupa karet tersebut mudah robek. Dengan demikian gas keluar melalui selang, mengakibatkan kompor tidak nyala.
Solusinya" langsung ganti selang, di usahakan setiap 2 tahun selang penghubung di ganti, untuk mencegah bahayanya kebocoran.

Cara mengecek bocor tidaknya selang, 
sobat bisa mencobanya dengan memasang selang ke regulator tanpa disambungkan kekompor, kemudian pasang regulator pada tabung gas, lalu pada ujung selang tutup pakai tangan, dan masukan selang pada bak yang di isi air, kemudian lihat hasilnya" apabila selang di masukan air ada gelebung yang keluar tandanya ada kebocoran dan sebaliknya kalo tidak ada gelembung berarti selang masih baik.
Kalo selang masih baik, silahkan menuju ke pengecekan berikut.

4. Pemetik api


dwiblogblogan.blogspot.com
Pemetik api
Gbr dari foto pribadi
Ini adalah komponen pada kompor gas yang paling sensitif, karena kendala yang paling sering terjadi adalah pada pemetik api ini.

Cara mendeteksi gangguan pada pemetik api"
dwiblogblogan.blogspot.com
Rangkaian kompor gas
Gbr dari foto pribadi

Keterangan no 1 dan 2
Buka baut, ambil pipa penghubung, kemudian cek,apakah pipa tersumbat tersumbat atau tidak, sobat bisa meniupnya utuk pengecekanya.

Keterangan no 3 dan 4
Cabut pipa pengembang api, yang meng hubungkan antara pemetik kompor dengan sumbu pengembang. Bersihkan dari kotoran minyak atau kerak.

Keterangan no 5 dan 6
Buka baut pengait pada kompor, kemudian ambil pemetik kompor, kemudian bungkar semua komponen di dalamnya.

Langkah berikutnya tinggal mengecek pada komponen pemetik kompor, bagaimana caranya yok di bongkar.

dwiblogblogan.bligspot.com
Seperpat kompor gas
Penerbit foto pribadi
Keterangan no 1 dan 2
Buka baut pengait pada pemetik kompor, gunakan obeng utuk membukanya, kemudian bongkar pemetik kompor, hati hati per dalam pemetik bisa mental dan hilang.

Pada pemetik terdapat 2 bagian komponen yaitu" pada gambar no 2, pada bagian yang terbuka yaitu bagian bawah adalah kompinen pemetik, yang di gunakan untuk, menjalankan batrai utuk menghasilkan api. Sedangkan bagian atas, batrai dan pemroses pengaturan keluarnya gas, komponen ini berfungsi sebagai pengatur besar kecilnya gas yang di keluarkan.

Keterangan 3 dan 4
Bersihkan komponen komponen yang terkait di dalamnya, dengan mengecek satu persatu sambil di putar putar, pada pemutarnya. Perhatikan silender dan cincin yang kecil jangan sampai hilang.

Keterangan 5 dan 6
Memaksimalkan dan pengecekan kembali apakah alat pemetik tersebut sudah bersih dari kotoran, dan memastikan semua kegunaan komponen pada bagian tersebut masih berfungsi.

Setelah bagian alat pemetik dinyatakan baik baik saja, langkah berikutnya yaitu" pengecekan pada bagian kedua, yang terdiri dari komponen pengatur dan batrai. Yuk kita priksa'
dwiblogblogan.blogspot.com
Seperpat kompor gas
Penerbit foto pribadi
Keterangan no 1 dan 2
Lepaskan selider  yang berwarna kuning, kemudian bersihkan dan periksa apakah lubang pada selinder tersebut tersumbat kotoran atau tida, kalo tersumbat, segeralah bersihkan.

Keterangan no 3
Bersihkan semua komponen, dan kumpulkan dalam 1 area, bertujuan agar komponen tidak berserakan dan hilang.

Keterangan no 4 dan 5
Mengecek lubang pelepasan gas, lubang ini cukup kecil dan susah di bersihkan, utuk membersihkanya sobat bisa menggunakan korek kuping (catoon bud). Setelah di bersihkan, tiup lubang dengan mulut dan lihat apakah lubang pelepasan gas sudah berfungsi, kalo tidak mengeluarkan angin berarti lubang tersebut tersumbat.

Seperti yang di alamai oleh kompor Gas cilor saya, gunakan tusuk gigi atau kawat kecil untuk membuangnya, sobat bisa mengambil kawat gitar yang berukuran kecil utuk di masukan ke lubang.

Kalo saya si cukup menggunakan tusuk gigi, karena kebetulan kotoran yang menyumbat besar, jadi bisa di ambil dengan tusuk gugi, seoerti yang terlihat pada gambar di atas.

Keterangan no 6
Setelah semuanya sudah beres segeralah pasang kembali silinder beserta cincin dan komponen yang lain.

Tambahan
Utuk pembongkaran, sebaiknya sobat pahami satu persatu komponen, hafali komponen tersebut letak dan cara memasangnya posisinya bagaimana.
Kalo perlu pakai kamera hp untuk mengambil gambar, setiap akan di lakukan pembongkaran' bertujuan agar memudahkan dalam pemasanganya kembali.

Setelah semua kembali di pasang dan segeralah di coba apakah pemetik api sudah bisa di gunakn, cobalah dengan cara mencetekkan pemetik kalo bisa menyetek berarti pemasangan sudah berhasil.

Langkah berikutnya pasang semua kompinen, karet tabung, regulator, selang penghubung dan kompor gas, segeralah coba dinyalain, kalo cara saya di kerjakan dengan benar pasti berhasil.

PENUTUP


demikian diatas adalah pengalaman saya saat mengatasi kompor gas cilor saya yang tiba tiba mati. Menurut pengalaman saya bisa di ambil kesimpulan" bahwa mempunyai kompor gas harus sering di serfis minimal 1 tahun 1x kalau kompor masih baru, kalau kompor sudah lama serfis lah 5 bulan sekali.

Sekian dulu artikel dari saya yaitu Cara Mengatasi Gangguan Pada Kompor Gas ini, semoga bermanfaat" TERIMAKASIH".

11 comments for "Cara Mengatasi Gangguan Pada Kompor Gas "

  1. saya biasanya kalau kompor gas surak orang lain yang benerin, takut benerin sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mba"pur, kalau tidak yakin mending nyuruh orang atau, lari ke tukang serfis mba,,tapi lebih baik tau tentang seluk beluk kompor gas..ia ngga mba..pur"

      Delete
  2. Biasanya yang bermasalah di karet gasnya jdi kompornya gk bisa nyala

    ReplyDelete
  3. Beberapa hari lalu saya juga mengalaminya, masak gas baru beli belum dipakai satu hari sudah habis. Sambil memegang jidat saya memeras otak berpikir, dan ternyata selangnya ke tindih tabung gas, setelah tak luruskan selang, api gas pun normal. Hehe

    Alah komen saya malah curhat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di samping seorang pembloger, mba"Nel' juga seorang penghobi memasak,jadi sudah tidak di ragukan lagi' kalo mengenai kompor gas, tau betul....makasih mba"Nel, dah mampir..ngopi dulu lah..heee

      Delete
  4. wah sangat bermanfaat om, biasanya kalau gak bisa memperbaiki masalah kecil kayak gini aku suka memperbaiki kompor gas ke tukang servis, tapi kalau sudah bisa perbaiki sendiri gak perlu ke tukang servis dan bisa hemat biaya hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul..mas mending bongkar sendiri dulu aja..kalo dah menyerah baru kasih tukang servis,..biar kita paham cara kerja dan komponen dari kompor Gas tersebut.

      Delete
  5. Kalau dipasaran harga pemantic atau penimbul api berapa ya ?
    Saya punya 3 kompor semua rusak di pemantik apinya

    ReplyDelete
  6. kalau regulator biasa yang digunakan rumah tangga apa bisa dicopot kang

    ReplyDelete

* Untuk sobat sobat semua,..silahkan isi komentar dengan hal hal yang pasitif..

* dilarang keras, dalam memasukan link aktif, dan pengiklanan.