Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Gusi Bengkak dan Solusinya

Akhir akhir ini, saya di hebohkan dengan adanya gusi bengkak yang saya alami, dengan adanya gusi yang membengkak menjadikan segala aktifitas sangat dan amat terganggu.
www.dwiblogblogan.blogspot.com
Gusi bengkak
Foto dari google

Saya tidak habis pikir kenapa kok gusi bisa membengkak, sehingga mau makan saja susah, buat ngomong juga ribet, bahkan sakitnya sampai ke ubun ubun rasanya.

Bagi sobat yang sudah pernah mengalami hal yang sama kaya saya, mungkin bisa membayangkan betapa sakit dan nyerinya kalo gusi sampai bengkak seperti ini.

Kalo menurut informasi dan konsultasi dari Dokter, ada berbagai macam penyebab gusi bisa bengkak, yang diantaranya yaitu"

Penyebab Gusi Bengkak dan Solusinya


Menurut "aladokter.com" kenapa gusi bisa bebgkak,,?

Umumnya yang menyebabkan gusi bisa membengkak adalah karena menumpuknya plak pada gigi, yang diakibatkan karena aktifitas makan dan minun dalam keseharianya. Karena malas membersihkan gigi jadinya plak gigi lama kelamaan mengeras dan menjadi kerak gigi.

Karena plak yang membusuk mengandung bakteri yang bisa mengganggu kesehatan gigi.

Selain itu beberapa hal lain yang bisa menimbulkan gusi bengkak bisa disebabkan oleh"

Gingifitis


Gingifitis atau radang gusi adalah penyakit pada gusi yang di akibatkan karena iritasi dan infeksi firus atau jamur, kejalanya sangat ringan tapi kalo di biarkan akan mengakibatkan gusi bengkak, kronisnya bisa menjadikan akar gigi rapuh dan akhirnya gigi bisa lepas.

Kehamilan


Gusi bengkak juga bisa terjadi pada saat masa kehamilan, hormon tubuh pada saat hamil bisa meningkatkan aliran darah ke gusi, yang mengakibatkan gusi mudah teriritasi.

Perubahan hormon pada masa hamil ini mengakibatkan hambatan dalam hal kemampuan tubuh melawan bakteri pada gusi, mengakibatkan gusi mudah terkena infeksi.

Kurang gisi atau scorbut


Scorbut adalah dimana keadaan tubuh kekurangan vitamin C, karena fungsi fitamin C ini sangat penting dalam pemeliharaan dan perbaikan gigi dan gusi. Kalo sampai kekurangan fitamin C berlebihan bisa menyebabkan penyakit scurvy akibatnya bisa terkena anemia dan penyakit gusi.

Gusi bengkak karena infeksi


Menurut, mediskus.com" infeksi yang di sebabkan oleh jamur dan firus berpotensi menyebabkan gusi bengkak. Jika sobat memiliki herpes (virus) bisa menyebabkan kondisi yang di sebut herpes akut gingivostomatitis, yang bisa menyebabkan gusi bengkak oral thrush.

Oral thrush merupakan hasil dari pertumbuhan berlebihan jamur alami di dalam mulut (jamur candida) yang bisa mengakibatkan gusi bengkak.

Setelah saya mencari berbagai informasi mengenai gusi saya yang tiba tiba bengkak akhirnya saya tidak mau ambil pusing, langsung saya mengunjungi dokter gigi dan berobat.

Ternyata obat yang di berikan dokter sesuai dengan informasi yang di berikan oleh mediskus.com, yaitu obat gusi bengkak sebagi berikut,

Solusi mengobati gusi bengkak


Menurut mediskus.com dalam mengobati gusi bengkak harus dengan cara yang tepat, adapun langkah langkah yang benar untuk mengobati gusi bengkak yaitu"


Rajin gosok gigi

Menggosok gigi dengan rutin, dan di lakukan dengan flossing dengan lembut sehingga tidak menimbulkan iritasi.

Berkumur dengan air asin

Berkumurlah dengan air asin utuk menghilangkan bakteri.

Minum banyak air

Banyak minium air bertujuan untuk menyiram gusi yang bengkak, sehingga bakteri ikut tersiram dan air juga bisa merangsang liur keluar, untuk membunuh bakteri yang mengakibatkan gusi bebgkak.

Menghindari iritasi

Hindari obat kumur yang banyak mengandung alkohol atau obat keras dan juga hindari bahan yang mengandung nikotin.


Minum obat gusi bengkak

Adapun obat gusi bengkak yang di maksud adalah"

Obat penghilang rasa sakit, karena gusi bengkak sangatlah tidak nyaman dan rasanya yang sangat sakit sehingga memerlukan obat penghilang rasa sakit, yang di sebut analgetik.berbagai macam analgetik yang di maksud adalah, ibuprofin, paracetamol, asam mefenamat dan antalgin.

Kalo saya di beri obat anti nyeri berbentuk tablet kuning diminum 3x 1hari, kalo ngga salah ibuprofin kayaknya. Memang ¼ jam setelah minum obat tersebut, rasanyeri langsung hilang.

Antibiotik, gusi bengkak yang di sebabkan bakteri yang tergolong sudah parah, harus di beri antibiotik untuk membunuh bakteri tersebut.

Kalo saya diberikan obat dokter anti biotik berbentuk tablet putih, dan diminum 3x 1hari.

Obat anti radang, untuk mengobati pembengkakan yang mungkin di sebabkan karena radang, dapat menggunakan obat anti radang steroid seperti, dexametason.

Kalo saya di berikan oleh dokter berbentuk tablet kecil berwarna orange, dengan aturan pakai 2x 1hari.

Alhasil setelah minum 3 jenis obat tersebut selama 3 hari sesuai petujuk gusi kembsli normal.


Berikut solusi terbaik agar gusi tidak membengkak kembali sesuai informasi dari mediskus.com

Oral Care
Gosok gigi dan flossing secara teratur, terutama setiap habis makan dan sebelum tidur. Kunjungi dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali, untuk membersihkan kerak gigi yang tidak bisa di jangkau dengan sikat gigi. Konsultasikan ke dokter tentang obat kumur dan pasta gigi yang tepat.

Nutrisi yang Cukup
Memenuhi kebutuhan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan asam folat bisa membatu mencegah timbulnya bengkak pada gusi. Vitamin C dan asam folat mencegah terjadinya gingifitis menjaga gusi agar tetap sehat.

Kapan harus berobat kedokter..?
Jika gigi sobat bengkak lebih dari 1 minggu sebaiknya langsung di bawa ke dokter gigi.

Demikian Penyebab Gusi Bengkak dan Solusinya semoga bisa bermanfaat TERIMAKASIH.

6 comments for "Penyebab Gusi Bengkak dan Solusinya"

  1. Gusi bengkak dulu saya juga ngamali, rasanya sakit banget. Saya dulu kumur-kumur pakai air garam, tapi butuh beberapa hari bengkak baru sembuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia..nih mba nel" kalo sakit gigi belum pernah, tapi gusi bengkak nih yang nyebelin,,,tapi setelah ke dokter minum obat 3 hari sembuh, nga perlu biaya sih..pakai bpjs..hee

      Delete
  2. kalau saya bukan gusinya yang bengkak tapi sariawan akibat kekunyah giginya hehehe. kira kira Penyembuhannya sama apa ngak ya kang dwi antara sariawan dan gusi bengkak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sariawan, biasanya saya kasih odol kang jun" kalo mau tidur, tapi yaitu rasanya perih banget,,tapi akhirnya sembuh sih..di coba aja kang.

      Delete
  3. jadi musti rajin rajin gosok gigi juga ya...agar terhindar dari gusi bengkak , pomen biasakan hidup sehat ya mas..?

    ReplyDelete
  4. Benar sekali mas, mungkin saya terlalu sibuk nih gan jadi kadang kala lupa untuk gosok gigi, jadinya banyak bakteri..di mulut.

    ReplyDelete

* Untuk sobat sobat semua,..silahkan isi komentar dengan hal hal yang pasitif..

* dilarang keras, dalam memasukan link aktif, dan pengiklanan.