Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Musim Kemarau datang, apa yang harus kita lakukan

Musim kemarau atau musim kering, adalah suatu musim di daerah tropis yang di akibatkan oleh angin muson timur, dengan curah hujan di bawah 60 mm perbulan (20 mm per dasarian).
dwiblogblogan.blogspot.com
Musim kemarau
Foto dari google

Setiap dasarian berturut turut wilayah tropika di asia tenggara, asia bagian selatan, australia bagian timur laut, afrika, dan sebagaian amerika pasti sedang mengalami musim kemarau.

Salah satunya di indonesia sendiri, musim kemarau biasanya jatuh pada bulan maret - september, tapi diantara bulan ini belum bisa dikatakan sebagai bulan kemarau karena pergerakan angin timur belum sempurna atau tidak menentu jadi masih bisa turun hujan.

Musim kemaru total biasanya jatuh pada bulan april - september, pada saat itu kelembaban udara sangat rendah sehingga suhu udara panas dan terjadi kekeringn di bagaian wilayah indonesia.

Tipi kenyataanya kemarau tiba dengan waktu yang berjalan, maksudnya dengan keadaan bulan yang selalu maju, buktinya pada tahun 2017 ini kemarau jatuh pada bulan mei, juni , dan juli.(menurut BMKD, oleh drs Rahadi Mulyono Prabowo. Msc)

Bahkan di antara bulan tersebut, masih bisa turun hujan, jadi cuaca pada tahun 2016 - 2017 ini tidak menentu, khususnya di daerah jakarta dan sekitarnya, seperti di bekasi.

Tetapi biarpun begitu kita harus persiapkan diri untuk beradaptasi, dengan cara sebagai berikut,

Musim Kemarau datang, apa yang harus kita lakukan


Cadangan air bersih

Pada musim kemarau yang paling di takutkan masyarakat adalah kehabisan air bersih, banyak kasus pada pengalaman yang telah terdahulu, di mana masyarakat minum, mandi, buang air, dan cuci baju dalam suatu tempat yang bersamanbyaitu di kali atau di danau, yang mana airnya tidak mengalir lagi.

Semua mereka lakukan karena pasokan air bersih dirumahnya habis dan sumur sumurpun kering. Jadinya untuk mempertahankan hidup, mereka rela minum menggunakan air keruh. Air yang tidak higienis, dalam arti air yang mengandung banyak kuman, kalo di konsumsi terus menerus bisa menyebabkan muntahber dan demam tinggi berujung pada kematian.

Maka dari itu jagalah air bersih pada saat kemarau, pakailah air secukupnya, jangan buang air bersih terlalu berlebihan. Utuk mengantisipasi sumur kita nantinya akan kering, sebaiknya perdalm lagi sumur, atau bagi sobat yang sudah memakai sumur bor bisa di perdalam lagi.

Jaga kesehatan

Karena pada musim kemarau ini suhu udara sangat panas sehingga cairan dalam tubuh cepat habis, apa bila tubuh kekurangn cairn maka tubuh akan lemah, apabila tubuh sudah lemah penyakit akan gampang datang.

Maka dari itu pada saat musim kemarau banyak minum dan konsumsi buah buahan karena buah buahan mempunyai kandungan air yang banyak dan juga mengandung banyak serat.

Jadi kebutuhan cairan dalam tubuh bisa terpenuhi dengan mengkonsumsi buah buahan pada saat musim kemarau.

Mencegah terjadinya kebakaran

Dengan panasnya udara tanpa di siram oleh hujan, yaitu pada saat musim kemarau mengakibatkan semuanya kering, terutama tumbuhan yang ada pada hutan dan area perkebunan. Dengan banyaknya lahan dan tumbuhan yang kering memudahkan akan terjadinya kebakaran.

Yang sering terjadi adalah pada hutan, mungkin dari segi kelalaian manusia atau memang di senggaja sehingga hutan bisa terbakar.

Yang mana efeknya sangat buruk untuk kelangsungan makhluk hidup, tidak hanya manusia hewan hewan pun terancam akan kepunahan apabila hutan gundul.

Apa yang harus di persiapkan untuk mencegah akan terjadinya kebakaran..,?

Mengawasi titik rawan kebakaran hutan. Seperti itik titik api di tanah air kita sangat banyak terutama di daerah yang mempunyai hutan yang masih luas, seperti" kalimantan, sulawesi, sumatradan masih banyak lagi. Maka dari itu harus di adakan pengwasan ekstra untuk daerah ini.

Kondisi yang di sebut rawan ini biasanya di tandai dengan terdapatnya rerumputan atau ilalang dan juga kayau yang kering, sehingga mudah untuk terbakar.

Hal yang perlu di persiapkan utuk mencegah terjadinya kebakaran adalah, menggunakan indeks kekeringan ( keetch bryam).

Keetch breyam adalah, sebuah metode penelitian tentang bahaya kebakaran hutan yang menilai dan menganalitis tempat yang menjadikan titik rawan kebakaran.

Antisipasi dalam hal cocok tanam (pertanian)

Mayoritas pertanian kita adakah bercocok tanam padi, tapi utuk para petani harus tau karena menanam padi itu cocoknya pada musim penghujan jadi apabila masuk musim kemarau petani harus waspada, jangan sampai terjebak' karena musim kemarau datang biasanya sawah masih tergenang air, yang pada nantinya akan kering dan retak retak.

Apabila pas masuk musim kemarau sangpetani harus bisa memilih bibit yang cepat panen, untuk menghindari resiko kekeringn yang bisa mengakibatkan gagal panen dan merugi.

Waspada terhadap penyakit

Pada musim kemarau justru firus banyak yang bertebaran, seperti contoh di rumah saya" semua ayam mati mendadak, kambing yang tiba tiba mati, setelah di amati kebanyakan kasus ini terjadi pada setiap musim kemarau. Bahkan pada musim ini lalat lalat banayak banget, sedangkan sobat tau sendiri kan kalo lalat sendiri pembawa kotoran dan bakteri yang tidak jelas.

Jadi waspada dan hati hati kalo musim kemarau datang, apabila sobat terkena gejala sakit mending langsung priksa ke dokter. Janganlah mainan api karena pada udara yang panas api cepat sekali menyebar.

Saya rasa sekian dulu artikel tentang " musim kemarau datang, apa yang harus kita persiapkan" ini semoga bisa bermanfaat, TERIMAKASIH

6 comments for "Musim Kemarau datang, apa yang harus kita lakukan"

  1. Kayaknya memang musim kemarau telah menjadi masalah tiap tahunnya namun siapa sangka itu juga bisa berpaedah pada kita utamanya pada petani. Karena dengan musim kemarau tanah akan menjadi kering dan pada saat musim penghujàn tanah akan jadi baru dan menjadi subur kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mas rustam..di balik semua kejadian..pasti ada hikmahnya..ya mas..

      Delete
  2. Menjaga kesehatan sangat penting, karena musim kemarau sering banyak debu bertebaran, yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan

    ReplyDelete
  3. Benar sekali mas,,jagalah kesehatan mas pada musim kemarau.

    ReplyDelete
  4. musim kemarau memang sangat merugikan masyarakat iya gan...
    makasih banyak buat informasinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar gan,, merugikan,,tapi kalo kemarau nya kepanjangan...kalo kemaraunya setandar ya masih bisa terantisipasi mas..

      Delete

* Untuk sobat sobat semua,..silahkan isi komentar dengan hal hal yang pasitif..

* dilarang keras, dalam memasukan link aktif, dan pengiklanan.