Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin rumah terbebas dari tikus begini caranya

Tikus merupakan hewan pengerat yang cukup menjengkelkan, di samping kotoranya yang baunya cukup menyengat, tikus juga hewan pencuri yang tergolong lihai.

Kenapa di bilang lihai,,?

Karena tikus ini dalm menjalankan aksinya jarang sekali di ketahui oleh penghuni rumah dan gerak geriknya pun sangatlah cepat. Target yang menjadi sasaran tikus adalah, makanan lauk pauk yang di jadikan santapan sobat dalam keseharianya.

Maka dari itu dalam sobat menyimpan makanan harus estra hati hati karena sang penycuri lihai (tikus) sedang mengincar.

Ingin rumah terbebas dari tikus begini caranya



Berikut langkah langkah yang harus diterapkan didalm rumah sobat, agar terhindar dari tikus"

Menjaga kebersihan dapur

Dapur juga harus di jaga kebersihanya, karena dapur merupakan salah satu incaran utama tikus terutama pada lantai, cucian piring, dan sampah harus di jaga. Jangan sampai sampah menginap di dapur selama 1 malam karena akan berpotensi datangnya tikus, yang terpanggil oleh baunya sampah sisa makanan.

Tutup lubang atau celah pada plafon

Bagi sobat yang atap rumahnya sudah bertutup plafon, mungkin agak sedikit nyaman karena tikus susah untuk bisa turun dan berlalu lalang di ruangan.

Tapi seperti yang sudah saya katakan bahwa tikus ini cukup cerdik dan hebat, lubang kecil yang di sangka tidak bisa di masuki tikus, ternyata bisa menjadikan dampak yang besar buat sobat, karena tikus ini mempunyai tubuh yang lentur sehingga dengan lubang yang sedikit logar, tikus ini bisa masuk ke dalam rumah.

Jadi lebih bagusnya tutup semua celah pada plafon yang sedikit longgar, agar tikus tidak bisa mengintip dan menyelinap masuk.

Tutup dan simpan makanan dalam lemari

Apabila sehabis masak, sebaiknya masakan di taruh lemari kalau tidak sedang di santap, untuk mengantisipasi datangnya tikus yang tidak di duga duga. Cara ini juga bisa membuat tikus yang masuk kapok, karena tidak ada bahan makanan yang bisa di curi, jadinya tikus tersebut beralih ke rumah lain yang mungkin ada makanan.

Membersihkan semak semak, dan rerumputan liar

Selain di dalam rumah, di lingkungan luar rumahpun harus di jaga kebersihanya, yaitu dengan cara" membersihkan semak semak dan barang sisaan yang tidak terpakai, seperti' bekas genteng habis mebangun, sisa sisa kayu yang tidak terpakai dan lain sebagainya, tujuanya adalah agar tikus tidak bisa bersembunyai dan membuat sarang di semak semak tersebut.
Terus langkah berikutnya cabuti atau pangkas rerumputan liar yang mungkin tumbuh di sekitar rumah. Tempat sampah yang ada di luar, sebaiknya terbuat dari tong yang bertutup, sehingga tidak terjangkau oleh tikus.

Dengan sobat menerapkan cara di atas mungkin rumah akan nyaman dari gangguan tikus, tapi apabila tikus masih membandel dan tetap terus berdatangn ke rumah, mungkin sobat bisa terapkan juga cara yang berikut yaitu"

Menggunakan bau bauan

Jenis bau bauan ini bisa di manfaatkan untuk mengusir tikus, karena tikus mempunyai indra pencium yang sangat baik, yang di gunakan untuk mendeteksi target incaranya. Jadi apabila tikus dalm melancarkan seranganya terganggu dengan bau bauan yang menyengat yang tidak ia sukai tikus itu akan pergi.

Bau bauan yang di maksudkan di atas yaitu dari"
Minyak mint, taburkan minyak mint ke tempat yang biasa tikus lewati, atau lebih bagusnya ketempat sarang tikusnya juga, biasanya sarang tikus berada pada atas sudut ruangan, tepatnya diatas plafon rumah.

Kapur barus
Sobat juga bisa memanfaatkn kapur barus untuk mengusir tikus, yaitu dengan cara menghancurkan kapur barus secara kasar, kemudian sebarkan ke daerah seluruh tempat yang sering di lalui tikus, oleh karena bau kurang sedap yang di keluarkan oleh kapur barus, tikus jadi pergi.

Kulit Buah durian
Dengan memotong motong kulit buah durian dan menaruh potongan tersebut pada tiap sudut ruangn yang banyak tikusnya, biasanya di gudang.! Maka dengan mencium aroma dari buah durian ini yang sangat menyengat tikus langsung pergi.

Buah mengkudu
Caranya sama dengan kulit buah durian, yaitu dengan mengiris iris buah dan di tempatkan ke bagian yang banyak tikusnya.

Bunyi bunyian

Selain menggunakan bau bauan, tikus juga bisa di usir dengan suara. Karena tikus merupakan hewan yang mengutamakan pendengaran sebagai radar, apabila pendengaran tikus terganggu tikus akan pergi dan menjauhi area atau tempat tersebut.

Sobat bisa memanfaatkan binatang jangkrik sebagai sumber suara, karena jangkrik, bisa mengeluarkan suara yang kencang yang di hasilkan dari gesekan bulu jangkrik tersebut.

Dan apabila dengan semua cara di atas tikus tidak kapok kapok dan tetep membandel jalan satu satunya yaitu dengan cara membasminya atau bahasa kasarnya di bunuh.

Sobat bisa menggunakan jalan alternatif yaitu menggunakan alat pembasmi tikus' yang di antaranya adalah"

Lem tikus
Lem tikus ini sangat paten dan pasti bisa menjebak tikus, sobat bisa mendapatkan lem ini di toko toko perabot atau di pasar terdekat.

Cara pemakaianya cukup mudah, siapkan kardus pembungkus mie instan dan di gepengkan, sebagai dasaran tempat lem tersebut di rekatkan.

Siapkan makanan yang enak yang sangat di gemari oleh tikus, seperti ikan asin maupun nasi, taruh makanan tersebut tepat di tengah tengah gardus, kemudian puterin makanan tersebut dengan lem tikus secara melingkar membentuk seperti lingkaran obat nyamuk bakar.

Reaksinya apabila ada tikus yang mau menyantap makanan tersebut akan tersangkut oleh lem. Bagusnya lem ini bisa 5 kali di pakai dengan cara memberi lingkaran yang baru pada lingkaran bagian luar.

Perangkap tikus
Sobat juga bisa menggunakan perangkap tikus untuk menangkap tikus tersebut, yaitu dengan cara memasangnya sesuai dengan jenis perangkap tersebut.

Tapi dalam pemakaian perangkap tikus ini harus rajin mencuci perangkap tersebut, karena penciuman sang tikus sangatlah kuat, jadi apabila sudah di pakai dan belum di cuci jangan harap tikus mau masuk ke dalam perangkap tersebut. Karena tercium bau kencing atau kotoran tikus yang pernah tertangkap oleh sobat.

Racun tikus
Ini adalah senjata pamungkas yang sangat ampuh untuk membasmi tikus yaitu dengan menggunakan racun tikus, tapi kalo sobat mau membeli racun tikus sebaiknya pilih yang no 1 yang bagus, karena obat ini cukup ampuh dan cepat terangsang oleh tikus.

Dan obat ini bisa membuat penglihatan tikus buram, sehingga tikus akan mencari sinar yang terang, dan apabila mati tikus tersebut berada di tempat yang mudah terjangkau.

Kesimpulan

Sebetulnya tikus datang kerumah sobat karena rumah sobat jorok dan banyak makanan yang tidak tersimpan dengan baik. Apa bila rumah bersih wangi dan lantai mengkilap dan makanan di simpan di lemari dengan rapi kemungkinan besar si tikus tidak akan ada, biarpun ada juga karena lagi berkunjung sebentar dan tidak lama tikus akan pergi, karena yang di cari tidak ada.

Kurang lebih begitu' artikel tentang "Ingin rumah terbebas dari tikus' begini caranya" yang bisa saya tulis dan dibagikan kesobat semoga bisa bermanfaat, TERIMAKASIH

6 comments for "Ingin rumah terbebas dari tikus begini caranya"

  1. wah, kalau dirumahku, tinggal buka tutup saluran air di WC, tikusnya kabur, tapi lama banget nunggunya

    ReplyDelete
  2. Ide..yang bagus tu mas,,tapi kaya apa tuh baunya mas...heee

    ReplyDelete
  3. Saluran wc yang langsung ke solokan, mas Soalnya, tikusnya masuk dari situ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooo..ia,,,itu paling ribet mas, tikus got mah bandel bandel,,,kasih soda api aja mas,,pasti tikusnya langsung lari...

      Delete
  4. Tips yang layak untuk dicoba dan diaplikasikan dirumah saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di coba gan,,,mudah mudahan tikusnnya bisa di atasi..

      Delete

* Untuk sobat sobat semua,..silahkan isi komentar dengan hal hal yang pasitif..

* dilarang keras, dalam memasukan link aktif, dan pengiklanan.