Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemakaian dan perawatan Bor listrik yang harus Kita Ketahui

Bor listrik merupakan alat perkakas yang mana, semua tukang bangunan profesional' pasti punya jenis bor listrik ini. Tapi bukan hanya tukang bangunan saja yang mempunyai bor listrik. Terutama saya sendiri membeli bor listrik ini, bukan berarti saya ahli di bidang bangunan, melainkan karena kebutuhan yang erat hubunganya dengan alat perkakas jenis bor listrik ini.

Saya membeli bor listrik ini karena permasalahan pada gerobag cilor saya. Permasalahanya yaitu' saat saya berjualan keliling' selalu keteter/keder di saat saya melayani pembeli, yang di sebabkan oleh penggorengannya cuma satu.

Nah..! Maksud saya membeli bor listrik ini, akan saya gunakan untuk membuat gerobak cilor baru, yang di modif dengan dua tungku. Sehingga penggorenganya bisa 2, jadinya pas melayani pembeli tidak keteter lagi.

Mengenai postingan kali ini, saya akan berbagi pengalaman setelah saya mempelajari pemakaian disertai juga dengan perawatan mengenai bor listrik, yang di antaranya yaitu"

Pemakaian dan Perawatan Bor Listrik yang Harus Kita Ketahui


www.dwiblogblogan.bligspot.com
Bor listrik
Gbr dari google

Sebelum sobat memulai menggunakan bor listrik ini, alangkah baiknya pelajari terlebih dahulu, tentang keselamatan kerjanya. Agar lebih aman dalam pemakaianya.

Instruksi keselamatan kerja


Atur posisi obyek kerja
  • Letakan dan atur posisi obyek kerja yang nyaman dan terkendali, jadinya tidak ada kesalahan dalam pelaksanaanya nanti.

Stop kontak
  • Priksa bahwa stop kontak sudah tertancap dengan benar. Jangan menancapkan dan mencabut kontak sesuka hati, dalam arti asal asalan, yang bisa menyebabkan kerusakan pada kabel dan sobat bisa tersengat listrik. Jangan menyambungkan kabel listrik secara terbuka. Cabut stop kontak apabila tidak terpakai untuk sementara' bertujuan agar tobol on atau off apabila tersenggol dan tertekan borlistrik tidak jalan dan mengenai anggota tubuh sobat.

Kabel listrik
  • Rawatlah kabel listrik dengan baik, jangan memperpanjang kabel colokan mesin bor dengan kabel yang bukan setandar. Hindari kabel listrik dari panas dan minyak.


Setelah keselamatan kerja sudah sobat kuasai, barulah sekarang bisa memulai pemakaian bor listrik.

Pemakaian bor listrik


  • Gunakan voltase yang tepat, voltase listrik yang di gunakan harus didalam kisaran 10% dari voltase listrik yang tertera di plat nama.
  • Priksa sebelum menggunakan mesin,Biarkan mesin berputar 1 menit tanpa beban, utuk memriksa apakah ada komponen yang kendor /rusak, syara yang tidak nirmal atau percikan api pada gesekan kumparan yang berlebihan. Sehingga apabila tidak di ketahui akan terjadi kumparan kebakar.
  • Hindari mesin dari beban yang berkebih. Mata bor harus di usahakan selalu tajam, jadi apabila mengebor barang yang tebal jangan menekan kuat kuat. Caranya" apabila putaran bor melemah kurangi penekanan pada bor, dan apabila mesin bor tiba tiba berhenti, segera cabut saklar dan putar kepala bor balik arah secara manual.
  • Gati kolboster secara periodik. Ganti kolboster ketika sudah aus banyak, sehingga tidak layak di gunakan. Kedua kolboster di ganti secara bersamaan, karena apabila kolboster yang aus di paksa bejerja akan mengakibatkan putusnya aliran listrik antara kolboster dengan inverter, dan juga percikan apai.
  • Jangan gunakan bor listrik jika dalam keadaan seperti di bawah ini"

- insulator mesin rusak.
- kabel listrik rusak
- stopkontak mesin rusak
- percikan apai berlebihan saat di gunakan.

Jika sobat menemukan gejala di atas, jangan gunakan mesin bor terlebih dahulu, sebelum di betulkan.

Perawatan mesin bor listrik


1. Sering menambahkan oli

  • Karena mesin bor ini bekerja dengan cara berputar dengan kecepatan tinggi, sehingga di haruskan menambahkan oli pelumas pada bagian seoerti klaher atau yang lain, sehingga tidak memberatkan putaran.

2. Memriksa selalu bor listrik

  • Mesin bor ini selalu di cek, baik sebelum penggunaan atau sesudah penggunaan, adapun vagian yang harus di cek yaitu, kabel listrik, stop kontak, saklar, isolator, inverter, apakah semua masih bisa bejerja dengan baik.

3. Menjaga dan mengganti kompoben yang sama

  • Ketika mesin perlu di bongkar untuk pemeriksaan, jaga kompinen agar selalu baik dan apabila di haruskan mengganti karena sudah rusak atau aus, sebaiknya ganti dengan komponen yang sama, dalam arti yang setandaar.

4. Hati hati dengan hambatan insulasi

  • Mesin tidak boleh di gunakan dalam waktu yang sangat lama, di sarankan apabila dalam pemakaian suhu mesin panasnya melebihi setandar, sebaiknya di istirahatkan dulu. Jauhkan pemakaian mesin bor dengan airbkarena bisa konsleting dan menyetrum.


Simpan mesin dengan baik


Setelah pemakaian sebaiknya di bersihkan dulu dari debu atau kotoran, kemudian simpan dengan rapai, lebih bagusnya masukan kembali pada bok kardus tempat bungkusanaya, sehingga tidak terjadi kelecetan" baik itu pada kabelnya atau pada bagian body bornya.

Berikut komponen pada bor listrik
Komponen pada bor listrik
Gbr dari google

1. Kepala bor
Berfungsi sebagai pengikat mata bor, sehingga mata bor bisa di buka dan di kencangkan.
2. Laker
Alat pelancar pada as mesin bor, kalo laker ini kering kurang oli/ pelumas , putaran mesin bor lambat atau tidak maksimal.
3. Gear
Ger, berfungsi sebagi penyambung rotasi dari armatur , yang letaknya didalam kumparan.
4. Kipas
Berfungsi sebagi pendingin kumparan dan mesin.
5. Kumparan
Kotak ini di dalmnya berisi kumparan dan armatur, disini pokok pentingnya sebuah bor listrik bisa brjalan.
6. Saklar
Berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan mesun, dalm bahasa gaulnya" putus nyambung"
7. Laker
Fungsinya sama dengan laker yang terletak pada sebelah kepala bor.

Baca juga
Penyebab dan cara mengatasi konsleting pada listrik.

Cara menghemat pemakaian listrik yang perlu sobat ketahui.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai" Pemakaian dan Perawatan Bor Listrik yang Harus Kita Ketahui" semoga dengan adanya artikel dari saya ini sedikit bisa membatu, bagi para pemula pengguna bor, sekian dan TERIMAKASIH.

Post a Comment for "Pemakaian dan perawatan Bor listrik yang harus Kita Ketahui"