Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Tepat Dalam Perawatan Motor Matic

Setelah kemarin saya memposting tentang pengalaman pertama kali membeli motor matic, sekarang saya akan berbagi tips tentang, bagaimana langkah yang tepat dalam perawatan motor matik.

Yang sebetulnya postingan ini saya tulis setelah saya mempelajari, tentang seluk beluk dari motir matic dan bagaimana perawatan motor matic yang sebenarnya.

Jadi intinya saya menuliskan postingan ini setelah belajar, terus berbagi, siapa tau diantara sobat sobat semua, ada yang berpikiran sama seperti saya, yaitu" karena baru punya motor matic jadi masih bingung bagaiamana cara yang terbaik agar motor matic itu bisa tetap bagus, baik itu mesinya, bodinya, aki, dan segala macam macamnya, yang menjadikan motor matic idaman tetap handal.

Kalo menurut perawatan yang saya lakukan, pembagian perawatan pada motor matic ini di bagi menjadi 3 macam yaitu"
a. Perawatan Harian
b. Perawatan Bulanan
c. Perawatan Tahunan

Mari di uraikan satu persatu, simak pelan pelan dan cermati agar sobat bisa langsung paham.

Langkah Tepat Dalam Perawatan Motor Matic

dwiblogblogan.blogspot.com
Motor matik
Foto pribadi

A. Perawatan harian


Perawatan harian sangatlah penting buat motor matik kesayangan, agar motor matik tetap bagus. Bertujuan di lakukan perawatan harian ini adalah" utuk menyuplai dan menjaga keadaan motor matic agar tetap eksis.

Adapun perawatan harian yang saya maksudkan di atas' adalah sebagai berikut"

1. Memanaskan mesin

Sebelum sobat menggunakan motor matic sebagi kendaraan untuk melakukan kegiatan aktifitas sehari hari, alangkah baiknya luangkan waktu sebentar untuk memanaskan mesin motor. Dalam memanaskan mesin motor tidak perlu waktu lama, cukup 5 - 10 menit saja. Bertujuan agar oli pada mesin bisa melumasi keseluruhan seperpat mesin, sehingga tidak memberatkan mesin utuk bekerja.

2. Menjaga aki agar tetap awet

Dalam kasus ini banyak sekali yang mengeluh' padahal aki baru di ganti tapi cepet soak/ drop. Kalo menurut pengalaman temen temen saya, untuk menghemat daya pemakaian aki, kita harus lakukan setater pertama kali saat mesin mau di panasin yaitu, menggunakan slah/ stater manual.

Tujuanya agar mesin bekerja terlebih dahulu sehingga tidak berat, kalo mesin dinyalakan sudah ringan menjadikan aki tidak terlalu mengeluarkan daya yang besar.

Terus bagimana caranya..? Caranya adalah sebagi berikut,

  • Dalam posisi kontak off, lakukan penyelahan motor sebanyak 4-5 kali.
  • Kemudian' kontak motor arahkan ke on / posisi nyala.
  • Lalu di selah secara manual dan biarkan sampai 5 menit, setelah itu motor siap utuk di pakai dan sobat baru boleh memakai stater pencet/ setater tangan.


3. Pengecekan bensin

Sering kali hal ini di anggap sepele oleh pengguna motor matic, karena di kira posisi jarum pengukur bensin pada motor masih dalam posisi merah, jadinya motor masih di gunakan.

Mungkin dalam hati mereka berkata" sambil nyari bensin di jalan' ngga papa lah..masih nyampe kok.." betul ini memang ngga papa, kalo di jalan masih nemu bensin, tapi kalo tidak, heem.. bensin akan habis dan motor berhenti di jalan.

Sedangkan motor matic sekarang sudah memakai injeksi, dan apabila sampai kehabisan bensin akan bisa mengakibatkan kerusakan pada injeksi tersebut.

Jadi solusinya, selalu priksa bensin sebelum di pakai, di upayakan bensin selalu ada dan mencukupi.

4. Pengecekan angin pada ban

Sebaiknya dalam perawatan harian motor matic sobat, ceklah angin pada ban motor sobat. Apakah angin masih ful, atau sudah berkurang. Jadinya keamanan berkendara dan keselamatan ban akan bisa terkendali.

Apabila angin berkurang pada ban motor sobat, lalu motor terus di pakai tanpa menambah angin tersebut, menjadikan' paku, kawat, potongn plat, dan sebaginya akan mudah bersarang di ban sobat, dan ini sangat di sayangkan, ban bisa jadi bocor bahkan robek terkena paku. Jadi rutinlah mengecek angin pada ban.

5. Mencuci dan Mengelapi motor setiap habis pakai

Dengan mencuci dan mengelapi motor tiap habis pakai, menjadikan motor selalu bersih dan mengkilap. Adapun keutamaan mencuci dan mengelapi motor tiap habis di pakai adalah"

  • Montor jadi selalu bersih dan mengkilap.
  • Bodi dan permukaan mesin tidak mudah karaten.
  • Mengetahui kerusakan ringan pada motor seperti" bodi pecah, baut hilang, dan sebaginya.


6. Mengecek lampu motor

Lampu motor selalu di cek, karena apabila lampu mati dan motor di pakai utuk berkendara akan di tilang polisi.

Demikian itu di atas adalah perawatan harian, kita lanjutkan ke perawatan berikutnya yaitu'

B. Perawatan bulanan


Perawatan bulanan yang dimaksudkan adalah perawatan motor matic yang banyak di lakukuan setiap akhir bulan, yang di antaranya yaitu"

1. Menyervis motor

Motor matic sebaiknya di servis tiap bulanya, biasanya servis motor dilakukan pada kalburator dan penyetelan injeksi, dan memang semua itu harus di lakukan, dengan tujuan' agar penyuplaian bahan bakar kemesin lancar dan teratur tanpaadanya hambatan juga kendala lainya.

Selain itu servis karburator secara rutin juga bisa menganalisa adanya seperpat yang rusak pada rangkaian karburator tersebut, sehingga sobat bisa menggantinya. Daripada menjadi kendala apabila motor sedang di pakai. Seperti pengalaman saya pada motor tua yang menjengkelkan, yang ngadat di jalan akhirnya harus ganti karburator.

2. Ganti oli mesin

Ini yang sangat penting, dengan mengganti oli rutin tiap bulannya, menjadikan mesin tetap terjamin sehingga mesin tidak berat saat di jalankan. Dan mencegah terjadinya oli mesin kering yang mengakibatkan sekher rusak (dalam bahasa jawanya gancet)

3. Pengecek kampas rem dan fanbel

Mengganti atau sekedar mengecek kampas rem dan fanbel perlu di lakukan pada tiap bulanya, karena utuk mencegah terjadinya rem blong dan juga fanbel putus saat di kendarai.

4. Pengecekan busi

Busi bisa di ganti apabila kondisinya sudah di perkirakan memburuk, supaya pengapian pada mesin bisa normal.

Kemudian kita lanjutkan ke perawatan berikutnya yaitu perawatan tahunan.

C. Perawatan tahunan


Mungkin perawat tahunan ini sering di lakukan oleh seorang pemudik yang sering memakai kendaraan motor sebagai alat transpotasinya. Seperti saya sendiri setiap tahunya mudik menggunakan motor, yaitu dari bekasi menuju kampung halaman, sehingga harus memastikan bahwa motornya masih bagus dan layak utuk di gunakan dalam perjalanan mudik.

Jadi hal yang harus diperhatikan dalam perawatan taunan ini adalah,

1, pengecekan kanvas kopling

Sobat bisa bawa motor ke bengkel resmi atau bengkel kesayangan untuk menanyakan apakah kanvas kopling masih bagus atau tidak. Apabila jelek silahkan di ganti.

2. Pengecekan sokbreker motor

Sokbreker motor juga mempengaruhi keseimbangn motor saat melintasi tikungan serta saat melintasi jalanan yang rusak, sehingga kenyamanan terganggu. Apabila sokbreker sudah bocor olinya, sebaiknya di benerin atau lebih baik ganti dengan yang baru.

3. Penggantian ban motor

Setelah di pakai melebihi 1 tahun ban motor mulai mengalami penipisan pada permukaan ban, kalo di biarkan akan beresiko vatal, apabila pengendara melakukan rem mendadak, dan juga pada jalan yang licin, juga rentan dengan kebocoron ban. Apabila ban sudah tidak layak pakai alangkah baiknya di ganti saja.

Intinya perawatan motor tahunan ini di lakukan untuk tujuan penggantian segala seperpat motor yang di rasa sudah tidak layak pakai lagi, dan apabila tidak di ganti akan merepotkan pengendaranya, yaitu kita sendiri.

Lihat juga
Vidio Cara Agar motor matic nyaman saat di kendarai.

Kurang lebih begitu' Langkah Tepat Dalam Perawatan Motor Matic dari saya, semoga bisa membatu buat sobat yang baru mengenal motor matik, atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.

4 comments for "Langkah Tepat Dalam Perawatan Motor Matic"

  1. Kalo di motor metic saya masalah utama iya itu aki cepat soak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia..memang sering soak mas,,,soalnya metic kebanyakan memajai stater mas jadinya..boros...

      Delete
  2. waduuh kalau suruh ngecek sedetail itu, saya ndak kober pak hehe.. biasanya dibantu ayah saya,kalau ga ya pergi ke tukang service buat nge cek apa yg perlu diganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau ngecek yang, dirasa kurang bisa,, mending ke bengkel mas,,tapi kalo buat perawatan harian,,ini harus di jalankan rutin mas,,

      Delete

* Untuk sobat sobat semua,..silahkan isi komentar dengan hal hal yang pasitif..

* dilarang keras, dalam memasukan link aktif, dan pengiklanan.