Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memijat Anak yang Kecapean

Anak anak sering kali mengeluh pada setiap habis bermain dalam keseharianya. Hal ini sering sekali di alami oleh anak saya, setiap malam' ketika mau tidur selalu merintih katanya" kakinya pegel, tanganya sakit, badanya linu linu. Hal ini sering membuat saya' selaku orang tua resah. Yang akhirnya pada esok harinya harus di panggilkan tukang urut anak.

Yang namanya anak anak biarpun, setelah di pijat sehat bugar, esok harinya pun bermain lagi seperti, lari larian, gendong gendongan, loncat loncatan dan lain sebagainya. Dan pada akhirnya apabila mau tidur malem, kembali lagi mengeluh.

Untuk kali ini, saya memanggil tukang urut, sambil menanyakan dan belajar sedikit cara mengurut anak. Dan akhirnya saya pun bisa memahami, biarpun belum sempurna tapi terasa senang dan merasa bangga bisa memijit sikecil.

Terus terang kalo memijit orang dewasa, itu sering saya lakukan, seperti memijat istri, saling pijat memijat sesama temen, dan lain lain. Tapi lain halnya dengan memijat anak, yang mana kulit, urat, dan tulangnya masih sangat sensitif, sehinga apa bila mau memijat anak harus ekstra hati hati. Jangan sampe' anak di pijat, bukannya sembuh malah tambah sakit.

Berikut ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara memijit anak

Cara Memijit Anak yang Kecapaian

dwiblogblogan.blogspot.com
Gbr cara memijat anak


Adapun bahan yang di gunakan untuk memiji yaitu"

  • Minyak ( minyak telon, minyak tawon dan lain lain).
  • Bantalan, utuk tiduran anak biar rilek atau tidak tegang.
  • Kasur /tiker, sebagi alas.


Langkah langkah dalam pemijatan

1. Kaki



  • Pertama tama, oleskan minyak ke telapak tangn sobat, kemudian gosok gosokan ke 2 telapak tangan sampai terasa hangat.
  • Kemudian, pijatan pertama di mulai dari telapak kaki, yang di lakukan dari ujung jari kaki, tekan dengan paduan antara ibu jari dan telunjuk jari tangan sobat, dengan kekuatan tekanan sedang. Lakukan berulang sampai 5x.
  • Kemudian jalan sampai ke ruas ruas jari, dan mentok sampai pangkal ruas jari, lakukan berulang sampai 5x. Di mulai dari ibu jari sampai kelingking.
  • Selanjutnya pijatan beralih ketelapak kaki bagian tengah, dengan menekankan jempol sobat' ke seluruh bagian telapak kaki bagian tengah.
  • Kemudian beralih pada pangkal kaki atau tungkak, dengan memijat mijat pada bagian tersebut.
  • Selanjutnya, arahkan pijatan ke bagian tumit, dan pada samping mata tumit (entho entho dalam bahasa jawa).
  • Kemudian pindahkan pijatan ke bagian atas mata tumit atau betis, pujat dengan cara menggosok dengan ibu jari dari arah tumit ke betis, lakukan ke seluruh kebagian betis, sampai urat pada kaki dirasa lemas.
  • Berikutnya pindahkan pijatan ke bagian dengkul, dengan cara menekuk nekukan kaki dan memijat ruas apa dengkul.
  • Langkah berikutnya, pindahkan pijatan ke daerah paha, dengan menekan dan mengoleskan ibu jari dari dengkul sampai pangkal pada paha, lakukan sampai keseluruhan paha.


Dalam pemijatan kaki ini lakukan secara bergantian mulai dari kaki kanan dan dilanjutkan ke kaki kiri.

2. Perut


Dalam pemijatan perut ini, saya akui belum berani memijat secara mendalam, karena bagian ini yang bisa memijat hanya tukang pijat ahli saja atau yang sudah berpengalaman, jadi cukup dengan mengoleskan minyak telon ke semua bagian perut dengan mengoleskan melingkari puser searah jarum jam, tapi ingat jangan terlalu menekan keras.

4. Dada


Dalam pemijatan pada bagian dada ini sobat bisa lakukan, dengan mengoleskan minyak pada permukaan dada dan memberi pijatan dengan jari telujuk dan jari tengah, dengan cara mengikuti lekuk tulang iga, dan pemijatkan dengan ibu jari pada bagian pundak bawah bagian depan, pijat dengan hati hati penuh dengan perasaan.

5. Punggung


Lakukan pemijatan punggung dengan cara"

  • Di awali dengan memijat pundak, mengunakan ke 2 tangan, yaitu masing masing tangan sebalah pudak kanan dan kiri. Lakukan dengan menggunakan ibu jari.
  • Setelah itu pijat secara menurun melalui ruas tulang belakang yang di lanjutkan ke bagian ruas ruas tulang iga, yang di akhiri dengan memijat pantat.


6. Tangan


Seperti cara pijat kaki, cara memijat tangan ini sendiri juag hampir sama dengan pijat kaki. Yang membedakan jari jarinya lebih panjangan tangan dari pada kaki, dan kulitnya lebih tebal kaki dari pada tangan.

Untuk cara pijatnya, sobat bisa lakukan hal seperti berikut"

  • Sama seperti jari kaki, pijet tangan ini juga di mulai dari ujung ,kemudian pinggir pada ruas jari, kemudian ke bagian tengah telapak tangn, di lakukan dengan menggunakan ibu jari tangan, sebagi penekannya.
  • Kemudian pindah ke pergelangan tangan sambil menggoyang goyangkan kepalan tangan, dilanjutkan ke bagian lengan tangan.
  • Utuk lengan tangan di pijat dengan cara menekan sambil mengoles menggunakan ibu jari, dari pergelangn tangan sampai batas sikut, lakukan menyeluruh pada bagian kengan.
  • Kemudian, pindahkan posisi pijat menuju lengan atas dilakukan sama seperti pijatan lengan bawah dengan akhir pijatan sampai ketiak ( kerek).


Lakukan dengan bergantian antara tangan kanan sampai dengan tangan kiri.

7. Kepala


Pada daerah kepala di pijat apabila, kepala terasa pusing dan pening, adapun yang di pijat yaitu" pada daerah ke 2 alis, tepat di pusat tengah tengah jidat, pada bagian leher atas sampai bawah, yaitu sebelah pundak, dan yang terakhir menarik rambut pelan pelan.

8. Penutup



Di atas adalah pijat utuk anak yang kecapaian, dan apabila anak terkena masuk angin, sobat bisa mengerok pada bagian punggung menggunakan bawang putih.
Tapi ingat, "apabila sakit terus berlanjut hubungi dokter", karena cara pijat ini saya tuliskan sesuai dengan pengalaman saya, yang sering saya lakukan utuk memijat anak saya.

Saya rasa cukup sekian penjelasan tentang Cara Memijat Anak yang Kecapaian dari saya, atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.

Post a Comment for "Cara Memijat Anak yang Kecapean"