Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Batuk Pilek

Ini adalah penyakit yang menjengkelkan yang kerap sekali menyerang kita semua, yang di antaranya yaitu penyakit batuk pilek.

Penyakit batuk pilek ini mudah sekali menyerang kita semua, karena menurut dokter penyakit ini menyerang melalui virus yang menyebar lewat udara, dan bersifat menular.

Seperti yang di alami keluarga saya, dikala satu orang terkena batuk pilek, semua anggota ikut terserang semua, yang pada akhirnya terpaksa harus berpesta' batuk pilek dalm keluarga, he..hee .

Menurut para medis /Dokter, pebyebab yang bisa mengakibatkan batuk pilek pada umumnya yaitu"

www.dwiblogblogan.blogspot.com
Batuk pilek
Gbr dari google

Penyebab penyakit batuk pilek


Akibat virus
Virus yang menyebabkan batuk pilek ini adalah jenis virus RNA. Virus ini di kelompokan kedalam jenis virus Orthomyxoviridae yaitu jenis virus influenza. Virus ini masuk lewat udara dan sivatnya menular.

Terjadinya perubahan musim
Perubahan musim, dalam bahasa tenarnya yaitu musim pancaroba, yaitu terjadinya pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya. Yang biasanya membuat kondisi tubuh kita rentan terhadap segala penyakit terutamanya penyakit fllu batuk dan pilek. Yang menyerang tubuh yang sedang lemah alias kurang fit, yang di sebabkan daya tahan tubuh menurun.

Alergi terhadap debu
Sebetulnya tidak semua orang mempunyai alergi jenis ini, namun bagi yang mempunyai alergi jenis ini, apabila terkena debu akan langsung bersin bersin, yang mengakibatkan radang tenggirokan gatal dan akhirnya batuk batuk.

Kondisi tubuh melemah
Karena akibat daya tahan tubuh melemah, mengakibatkan segala penyakit mudah masuk. Terutama penyakit yang menular seperti fllu batuk dan pilek.

Banyak mengkonsumsi minuman dingin
Minuman dingin yang berlebih bisa menjadikan timbulnya lendir dan mengganggu tenggorokan sehingga mengakibatkan radang.

Air dingin yang berlebih juga bisa mengakibatkan metabolisme terganggu sistem saraf pun tidak siap menerima respon dari perubahan suhu yang mendadak datang dengan cepat, akibatnya kepala pusing, dan organ tubuh yang sedang membutuhkan oksigen dan zat penting lainya, dengan seketika suplay akan berkurang, membuat organ tubuh tersebut tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Demikian di atas adalah sebagian dari penyebab batuk pilek, Jadi apabila sobat sudah terlanjur terkena batuk pilek, mau ngga mau sobat harus mengobatinya, sebelum memutuskan untuk menindaklanjuti ke dokter lebih dahulu kita obati sendiri dengan obat alami.

Penyebab dan Cara Mengatasi Batuk Pilek



Utuk lebih jelasnya tentang penyakait batuk pilek ini, alangkah baikanya sobat harus tau' gejala tentang batuk pilek ini, yang di antaranya yaitu"

Ciri ciri terserang batuk pilek



  1. Saluran hidung gatal ( bersin bersin) .
  2. Saluran hudung mampet dan basah.
  3. Tenggorokan gatal.
  4. Mengalami pusing dan demam ringan.
  5. Badan cepat capai dan pegal pegal.
  6. Batuk batuk dan berdahak


Kalo sobat mengalami gejala seperti di atas, sudah pastilah sobat sedang terserang batuk pilek / fllu.

Berikut adalah bagai mana mengatasi batuk pilek secara alami, yang di antaranya yaitu"

Obat alami untuk batuk pilek



Menggunakan jahe
Sobat bisa menggunakan jahe sebagai obat batuk, karena jahe mempunyai senyawa anti virus yang bisa mengusir atau menghilangkan flu batuk dan pilek. Beberapa jenis jahe yang bisa di jadikan obat yaitu jahe merah ataupun jahe putih.

Menurut riset yang pernah saya baca' bahwa jahe ini mempunyai kandungan, gingerol, minyak atsiri, terpenoid, zingiberol, serta shogaol, yang merupakan senyawa yang di gunakan sebagai obat batuk.

Cara pembuatanya pun sangat mudah yaitu"

  • Ambil 2 ruas jahe ( merah/putih) cuci sampai bersih.
  • Tumbuk sampai berair.
  • Siapkan air panas kedalm gelas, masukan tumbukan jahe dengan madu 1sdm.
  • Aduk sampai merata dan di minum saat kondisi air suam suam agak panas.
  • Minum 2 x dalam satu hari pagi dan menjelang tidur.


Apabila di minum secara teratur mudah mudahan batuk pilek bisa sembuh.

Menggunakan madu dan lada
Madu merupakan anti bakteri yang bisa membatu melancarkan saluran pernafasan, sobat bisa tambahkan lada sebagai bahan campuran, utuk ramuan pengobatan flu batuk dan pilek.

Cara pembutanya"

  • Siapkan air mendidih tuangkan ke dalam gelas minum (air ½ gelas). 
  • Masukan 1sdt lada, dan 1sdm madu murni. 
  • Aduk sampai merata sampai semuanya tercampur dalam satu adonan.
  • Tunggu sampai ramuan suam suam agak panas, lalu minum 1 hari 2 kali, tapi ingat, tidak di anjurkan utuk anak anak.


Menggunakan pepermint
Salah satu bahan herbal yang banyak di gunakan utuk membuat obat batuk pilek adalah pepermint, pepermin banyak menggandung senyawa yang bernama mentol.
Cara menyeduhnya, buatlah teh menggunakan pepermint dengan mencampurkan madu murni aduk, lalu minum 2 x 1hari, utuk meredakan batuk dan pilek.

Menggunakan bawang putih
Bawang putih juga bisa di jadikan obat batuk pilek alami, karena bawang putih ini mengandung zat yang bersifat antiviral yang ringan, sehingga mampu memperkuat daya tahan tubuh.
Caranya,,

  • Ambil 3 biji bawang putih
  • Cincang bawang putih, kemudian rebus dengan sedikit air.
  • Aduk aduk sampai bawang lunak, tambahkan sedikit garem agar sedikit gurih.
  • Minum adonan tersebut 2x dalam satu hari.


Menggunakan estrak elderberry
Elderberry merupakan tanaman dari eropa yang banyak di manfaatkan utuk melancarkan hidung yang tersumbat dan gangguan pernafasan.
Ekstrak elderberry ini mempunyai manfaat sebagai antiviral serta antiinflamasi, yang berguna untuk daya tahan tubuh dan melawan batuk dan pilek.

Menggunakan jeruk nipis dan kecap
Ini adalah obat batuk turun menurun dari jaman nenek moyang kita, yaitu menggunakan air jeruk nipis di campur kecap.
Caranya cukup mudah"

  • Ambil 1 buah jeruk nipis segar, belah menjadi 2 bagian.
  • Peras dan ambil airnya masukan ke gelas kecil.
  • Campurkan sedikit kecap kedalam air jeruk lalu aduk sampai merata.

Munum secara rutin sehari 2x pagi dan saat mau tidur, maka batuk bisa reda.

Semua itu di atas adalah obat alami utuk mengobati batuk pilek, dan apabila sobat mencobanya, mudah mudahan cepat sembuh.

Atau juga sibat bisa membeli obat batuk bermerek di apotik dan toko toko terdekat, cuman berbahan kimia ( kurang alami), yang mempunyai evek samping.

Penutup


Semua pengobatan bisa cepat berhasil dan batuk pilek akan cepat sebuah, asalkan mematuhi pantanganya, yaitu" hindari semua minuman dan makanan yang bisa menyebabkan batuk, selama masa pengobatan.

"Peringatan"Apabila sakit batuk pilek tetap membandel sebaiknya bawa kedokter biar di tangani secara medis, demi kelangsungan dalam penyembuhanya.

Sekian sedikit tentang "Penyebab dan Cara Mengatasi Batuk Pilek" dari saya, semoga bisa bermanfaat, atas perhatianya saya ucapkan banyak TERIMAKASIH.

Post a Comment for "Penyebab dan Cara Mengatasi Batuk Pilek"