Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mewaspadai Bencana Banjir dan Solusinya

Bencana banjir kerap sekali melanda daerah manapun, terutama yang beriklim tropis, salah satunya yaitu di negara Indonesia, sering sekali terjadi banjir yaitu di daerah yang pemukimanya dekat dengan kali dan juga memiliki dataran yang rendah.

Utuk banjir itu sendiri mempunyai berbagi macam jenis yang di antaranya yaitu"

Mewaspadai Bencana Banjir dan Solusinya

www.dwiblogblogan.blogspot.com
Bencana banjir
Gbr dari google

Macam macam banjir menurut jenis fisiknya


1.Bajir air
  • Jenis banjir ini merupakan akibat dari air hujan yang sangat deras dalm jangka waktu yang sangat lama, sehingga selokan, kali dan muara sungai meluap melebihi kapasitas tanggul atau bisa juga tanggul jebol, mengakibatkan daratan tergenang air dan banjir.

2. Banjir badang
  • Banjir jenis ini merupakan banjir yang sering terjadi di daerah pemukiman yang terdapat di pegunungan atau dataran tinggi. Banjir bandang ini merupakan banjir yang meliputi, air, tanah, yang di akibatkan tanah terbawa air dan longsor.
  • Banjir bandang ini tergolong banjir yang berbahaya, karena bisa menyeret dan menumbangkan pohon yang besar serta membawa pemukiman warga ikut di dalmnya, karena itu banjir bandang kerap memakan korban jiwa, terutama apabila banjir bandang terjadi pada malam hari.

3. Banjir lumpur
  • Merupakan jenis banjir yang bukan di akibatkan dari hujan, melainkan dari hasil meluapnya lumpur bumi. Ini semua terjadi karena adanya pengeboran minyak dan gas bumi yang tidak terkontrol atau semburanya melebihi kapasitas takaran. Terutamanya terjadi di indonesia yaitu di daerah Sidoarjo, yang terkenal sebagi lumpur lapindo.

4. Banjir rob (banjir pasang)
  • Merupakan banjir yang di sebabkan oleh pasangnya air laut. Banjir rob umumnya menyerang daerah sekitar pesisir, karena laut tersebut menampung banyaknya air dari berbagai sungai, yang mengakibatkan meluapnya air laut dan membanjiri daratan.

5. Banjir cileunang
  • Banjir jenis ini merupakan banjir yang di sebabkan oleh hujan yang sangat besar dan deras, yang mengakibatkan daya serap tanah tidak sanggup utuk menampung air sehingga dengan seketika bisa menggenangi suatu dataran tersebut. Biasanya banjir ini terjadi di daerah yang tidak mempunyai selokan atau tempat pembuabgan air.

6. Banjir lahar
  • Banjir jenis ini merupakan banjir yang sangat di takuti orang, karena bajir lahar merupakan banjir cairan api yang di sebabkan oleh letusan gunung merapi dengan menyemburkan magma ke permukaan bumi. Banjir ini bisa menghancurkan semua ekosistim makhluk hidup di daerah tersebut.

Penyebab Terjadinya Banjir


Penebangan hutan liar
  • Hutan yang gundul akibat penebangan secara brutal atau liar bisa mengakibatkan bajir, di karenakan pohon yang seharusnya utuk membatu penyerapan air, yaitu melalui akar tidak lagi berfungsi karena telah di tebang jadinya air tidak bisa diserap. Oleh karena itu bisa mengakibatkan banjir.

Buang sampah sembarangan
  • Sampah yang di buang sembarangan kususnya pada saluran air seperti, kali, selokan, dan sungai sungai, bisa mengakibatkan saluran air tersumbat kemudian air meluap dan menggenangi daratan.

Banyaknya pemungkiman liar di tepi sungai dan kali.
  • Penyempitan dan dangkalnya sungai akibat pemukiman liar di tepi sungai bisa mengakibatkan banjir, dikarenakan apabila hujan lebat dan saluran air kurang lancar, maka sungai itu tidak bisa mengalirkan airbdengan maksimal sehingga air meluap dan menggenangi daratan.

Curah hujan yang terlalu tinggi
  • Ini merupakan penyebab utama terjadinya banjir, karena curah hujan yang terlalu tinggi dan berlarut larut, membuat semua sistem seperti sungai selokan dan kali tidak cukup kuat utuk membawa air tersebut dan akhirnya meluap lalu banjir.

Perubahan Drainase tanpa memperhatikan amdal
  • Drainase yang sudah di ubah tanpa melihat amdal lebih yaitu di perkotaan. Daerah hutan ataupun rawa yang seharusnya utuk penyimpanan air, di pakai utuk pembangunan gedung bertingkat, seperti mol, perkantoran dan lain sejenisnya' sehingga membuat lapisan atmosfir rusak, hal ini bisa beresiko modahnya dilanda kebanjiran.

Bendungan jebol
  • Bendungan yang jebol adalah salah satu penyebab banjir di lingkungan yang daerah tersebut mungkin kurang terawat sehingga mudah kerusak, dan akhirnya jebol,,hal ini bisa mengakibatkan banjir bandang yang sifatnya sangat merusak.

Tsunami
  • Penyebab banjir yang satu ini merupakan bajir yang di sebabkan adanya penggeseran lempeng bumi, di bagian dasar laut' sehingga menimbulkan tsunami, dengan gelombang yang sangat tinggi dan menyerang ke daratan. Sebagi contoh kejadian tsunami di aceh, yang menewaskan ratausan sampai ribuan jiwa pada saat itu.

Dampak akibat terkena banjir

  • Timbulnya wabah penyakit
  • Kehilangan harta benda
  • Merusak tanaman ( pertanian)
  • Menimbulkan banyak korban
  • Terjadinya masalah umum, seperti jalan dan jembatan pada rusak.

Solusi mengatasi banjir

  • Melancarkan aliran air yang tersumbat.
  • Tidak lagi membuang sampah ke danau sungai dan selokan.
  • Tidak membangun rumah di daerah sungai
  • Meningkatkan reboisasi atau penghijauan dan penanaman hutan gudul.
  • Menerapkan sistim pemantau atau peringatan di tempat yang rawan banjir.

Penutup


Dengan sobat mengetahui dan paham tentang' jenis banjir, cara mencegah banjir, dan akibat dari setelah terkena banjir, pasti sobat lebih waspada dan tudak akan melakukan hal hal yang berakibat vatal utuk lingkungan.

Saya rasa sekian duku, artikel yang saya bisa saya tulis, yaitu tentang' Mewaspadai Bencana Banjir dan Solusinya ini. Semoga bisa bermanfaat buat sobatku semua, atas perhatianya saya ucapkan TERIMAKASIH.

4 comments for "Mewaspadai Bencana Banjir dan Solusinya"

  1. Satu lagi banjir duwit mas, banjir duwit biasanya terjadi ketika ada pencalonan pilkades tapi ini tradisi di kampung saya mas,

    sekarang ini masuk musim penghujan jadi artikelnya pas buat informasi pengingat mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa...vetul betul enak tu mas..kalo banjir duit..heee..

      Delete
  2. wah banyak juga ternyata macam-macam banjir aku baru tau gan .. tempatky si jarang banjir karna termasuk dataran tinggi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dataran tinggi mah enak mas, hanif..tidak kena banjir.
      Asal jangan di pegunungan aja,,kebanyakan longsor...makasih sudah mampir

      Delete

* Untuk sobat sobat semua,..silahkan isi komentar dengan hal hal yang pasitif..

* dilarang keras, dalam memasukan link aktif, dan pengiklanan.