Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Mengatasi Hati yang Risau dan Galau

Semua orang pasti pernah mengalami hal seperti hatinya galau ataupun risau, karena manusia di ciptakan tidak ada yang sempurna.

Sebenarnya apa sih galau itu" ?

Galau adalah suasana dalam hati yang resah, bingung campur delema. Pada umumnnya orang yang lagi terkena galau, selalu murung, tingkahnya aneh, tidak nyambung jika di ajak ngobrol.

Penyebab hati kita bisa galau atau risau, yang di antaranya yaitu"

www.dwiblogblogan.blogspot.com
Galau dan risau


1. Punya banyak masalah

Tidak jarang orang yang lagi banyak masalah bisa tenang, kebanyakan dari mereka pasti galau. Apabila hal itu tidak bisa di atasi dengan cepat, maka' segala masalah akan terus bertambah.

2. Akan menghadapi sesuatu yang belum di kuasi ( dia tidak bisa)

Sesuatu yang belum kita kuasai atau di pelajari, akan membuat hati kita resah. Hati kita akan bertanya tanya, apakah saya bisa mengerjakanya atau menjalaninya. Ini juga harus segera di cari solusinya.

3. Menghadapi masalah yang besar, bersifat fatal.

Penyebab yang satu ini memang sangat berat utuk di jalani, sehingga membuat diri kita galau, dan tidak tenang. Karena salah langkah sedikit akibatnya fatal.

4. Memikirkan sesuatu yang tidak jelas.

Masalah yang satu ini, kebanyakan di alami oleh kalangan remaja, pikiranya tidak jelas, pengin ini pengin itu, yang ujungnya tidak ada yang di dapatkan.

5. Mengkhwatirkan sesuatu.

Pikiran khawatir akan sesuatu, sudahlah pasti akan membuat hati kita resah dan galo. Biasanya orang yang mempunyai permasalahan seperti ini, karena dia sedang mempunyai salah baik hubunganya dengan diri sendiri maupun dengan orang lain.

Maka dari itu saya akan sedikit memberi tips, supaya perasaan galau dan resah akan bisa hilang, mari di simak baik baik.

Tips Cara Mengatasi Hati yang Risau dan Galau



1. Mengoreksi diri sendiri


Jangan biarkan diri kita galau secara terus menerus, salah satu cara dalam mengatasi galau dan risau yaitu dengan mengoreksi diri kita sendiri.
Bagaimana caranya,.?


  • Cari suasana yang damai nyaman dan tentram, sobat bisa berlibur sejenak tanpa mengajak saudara bahkan keluarga, misal ke puncak atau kepantai, pokoknya tempat yang bisa membuat suasana hati tenang.
  • Kemudian sedikit demi sedikit koreksi diri kita, kesalahan apa yang telah kita perbuat, apakah selama ini langkah langkah kita sudah benar, dan apa yang harus segera di perbaiki.



2. Selalu berfikiran positif



Dengan selalu berpikir secara positif, akan meningkatkan kegalauan, karena dengan berfikir positif membuat kita tidak terbebani, beda halnya dengan berpikir negatif.

Apabila kita selalu berpikir negatif, maka' yang ada di benak kita adalah pikiran yang akan mengarah ke resahan, dan lama kelamaan akan galau.

3. Tingkatkan kepercayaan diri


Kegalauan terjadi salah satunya juga bisa dari segi kekurangan percaya diri, apabila rasa percaya diri kita sudah hilang, maka diri kita ini akan tertindas oleh keadaan lingkungan.

Semisal" sobat mau pulang kampung, dengan mengendarai motor, tapi takut di jalan kenapa kenapa karena, suasana jalan pas mudik sangat padat dan macet.

Akhirnya' karena tidak percaya diri, jadinya sobat naik bus, dan Alhasil dijalan macet, bus tidak bisa bergerak, sedangkan para pengendara motor masih bisa terus jalan, biar pelan tapi pasti.

Karena keadaan seperti ini sobat menyesal, kenapa nggak naik motor aja ya" nah ini akan bisa menjadikan kegalauan terus menerus, di dalam bus.

Jadi intinya, dengan meningkatkan kepercayaan diri kemungkinan rasa galau dan gundah tidak akan menghampiri kita.

4. Mengidentifikasi penyebab kegalauan

.
Kegalauan juga bisa di atasi dengan cara membrantasnya, dalam arti menangani atau memecahkan masalah yang bikin kita galo.

Cobalah, sobat bangun tepat pada waktu ⅓ malam, bagi yang muslim' cobalah sholat tahajut, sehabis itu renungkan, kejadian demi kejadian yang membebani pikiran kita, sehingga bisa galau dan resah.

Setelah ketemu permasalahanya segera perbaiki dan datangi TKP, selesaikan kasusnya sampai benar benar tuntas.

Dengan ini rasa galau dan riasu pasti akan hilang, apabila masalahnya sudah teratasi.

5. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan diri

.
Berserah diri dan selalu berdoa kepada Alloh, adalah obat yang paling mujarab utuk menghilangkan rasa resah, gelisah yang ada. Yaitu jalan satu satunya meningkatkan ke imanan dan ketaqwaan kita.

Karena dengan iman dan taqwa yang kuat, hati kita tentram dan damai, di karenakan kita yakin bahwa janji janji Alloh itu nyata dan pasti ada.

Jadi timbulah rasa yang damai karena kita selalu merasa Alloh selalu bersama kita.
Dan biasanya kegelusahan, galau dan resah itu bertanda, bahwa Iman dan Taqwa kita lemah, bahkan hampir sirna.

Oke saya rasa sekian dulu sedikit artikel dari saya mengenai " Tips Cara Mengatasi Hati yang Risau dan Galau" semoga bisa bermanfaat, dan paling tidak bisa di jadikan masukan atau bahan bacaan, dari pada ngelamun, hee..

Atas perhatianya saya ucapkan banyak Terimakasih.

2 comments for "Tips Cara Mengatasi Hati yang Risau dan Galau"

  1. Bagus tips-tipsnya mengatasi galau, mas Dwi 👍.

    Saya pribadi, tak pernah mau menyimpan berlama-lama kenangan suatu hal yang buruk.
    Sesegera mungkin membuang jauh-jauh pikiran ngga berguna seperti itu.
    Selain merusak kesehatan juga merusak fisik, wajah jadi cepat terlihat tua.

    Prinsip hidup saya 'hidup cuma sekali kok dibuat ruwet pikiran, rugi akh ... ', hehehe 😁

    ReplyDelete

* Untuk sobat sobat semua,..silahkan isi komentar dengan hal hal yang pasitif..

* dilarang keras, dalam memasukan link aktif, dan pengiklanan.