Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Memilih Usaha yang Cocok untuk Kita

Saya yakin semua orang pasti ingin membuka usaha sendiri, terutama bagi mereka yang pekerjaanya masih terikat dengan bos, dalam arti setatusnya karyawan atau buruh.

Tapi kebanyakan dari mereka masih bingung mau memulai membuka usaha apa, yang terlintas dalam pikiran mereka adalah, usaha apa yang bagus dan cocok buat saya...?

Bagi para sobat yang kepengn membuka atau memulai sebuah usaha tapi masih bingung mau usaha apa, berikut akan saya kasih solusi, mudah mudahan bisa sedikit membatu.

Cara Memilih Usaha yang Cocok untuk Kita

www.dwiblogblogan.blogspot.com
Bingung pilih
Usaha

Memilih usaha yang sesuai hobi dan keahlian


Kenapa saya menganjurkan memilih usaha yang sesuai hobi dan keahlian,..?

Karena apabila sesuatu yang berhubungan dengan hobi itu pasti menyenangkan, kalo kita sudah senang pasti kita semangat dan mudah untuk mengembangkan usaha tersebut.
Begitu juga keahlian, menurut saya kalo sobat sudah mempunyai keahlian peluang usaha itu sudah dekat sekali dengan sobat, dan apabila sobat membuka sebuah usaha dengan keahlian yang di miliki, tidak harus belajar dari nol, dan tinggal mengembangkan keahlian tersebut.

Seperti contoh"

  • Apabila sobat punya hobi makanan yang enak dan ahli atau bisa memasak, ini cocok utuk membuaka restoran. Karena otomatis lidah sobat adalah senjata buat usaha sobat, karena hobi dengan makanan enak jadinya tau rasa yang enak itu yang bagaimana.
  • Atau misal sobat hobi mancing, bisa membuka kolam pemancingan, dan sebagainya.


Menganalisa bidang usaha yang di pilih


Setelah sobat memilih usaha dari hobi dan keahlian, langkah selanjutnya menganalisa bidang usaha yang di pilih tersebut,..

Contoh"
Misal sobat membuka restoran, alangkah baiknya tentukan dulu prodak makanan apa yang tepat utuk mengisi usaha sobat.

  • Apakah sobat mau mengikuti, jenis makanan yang lagi tren saat ini.
  • Atau membuat jenis makan baru, yang belum ada tapi bakalan di sukai konsumen.


Atau misal sobat membuka pemancingan, tentukan jenis model tempat pemancinganya.

  • Apakah mau mengikuti tempat pemancingan yang sudah ada yang tempatnya sudah ramai.
  • Atau juga mendesain tempat pemancingan sendiri, yang lebih nyaman dan bisa menarik banyak pemancing.


Sesuaikan dengan modal yang di miliki


Ini sebetulnya yang menjadi kendala setiap orang saat ingin membuaka sebuah usaha, yaitu dari segi modal alias dana.

Kenapa saya sarankan membuka usaha dengan menetukan sesuai modal..?

Karena apabila sudah membangun usaha modalnya kurang itu akan menjadikan beban bagi sobat, alangkah baiknya sesuaikan dengan modal sobat.

Contoh"

  • Sobat mau membuka usaha makanan dengan modal kecil, janganlah menyewa ruko atau kios, sebaiknya' buat lapak sendiri dengan bahan yang murah dan sederhana. Yang peting pelayanan dan makanan yang di jual komplit sesui menu yang tertera.


Coba bayangkan, apabila sobat membuaka usaha dengan modal kecil atau pas pasan, tempat yang di pakai dari sewa kios pinggir jalan, apabila sobat ingin tempat yang setrategis otomatis harga sewanya mahal kan. Jadi tidak bisa bersaing harga dalam menjual makanan, karena otomatis mengikuti sewa tempat. Kalo tidak sobat akan rugi.


Kalo sobat belum punya keahlian dan belum memiliki pengalaman menejemen, atau masih ragu dengan keahlian dan kemampuan yang di miliki' sesuai penjelasan di atas, mungkin membuka usaha bisnis franchase sangat cocok utuk sobat.

Pilih usaha bisnis franchise (warlaba)


Apa itu franchise,.?
Franchise adalah sebuah metode dalam sistim distribusi barang atau jasa, yang mana cara kerjanya dengan kerjasama antara franchisor ( pemilik usaha) dan franchisee (pemilik modal).

Jadi sobat tinggal mencari tempat, nanti dari pihak franchisor yang akan mendropsir barang, atau prodaknya, dengan keutungan persenan dari barang yang terjual.

Keuntungan dari franchise

  • Manajemen bisnis sudah terbentuk atau terbangun.
  • Manajemen finansial yang lebih mudah, sehingga kita (frenchisee) tidak di pusingkan lagi dengan menejemen finansial, seperti membangun bisnis baru.
  • Sudah dikenal konsumen ( terkenal ), sehingga selalu rame pengunjung.
  • Dukungan dan keamanan lebih terjamin. Karena sobat tinggal menjalankan usaha mereka.


Jadi tinggal pilih mau dari usaha sendiri dari nol, atau dari franchase yang tinggal meneruskan usaha orang, dua duanya sama bisa menghasilkan uang.

Setelah usaha di atas sudah di tetapkan secara matang, langkah berikutnya yaitu, tinggal ikhtiar, dan selalu berdoa kepada Alloh, yang bakalan ngasih kita kesuksesan.

Saya rasa sekian sedikit artikel tentang "Cara Mudah Memilih Usaha yang Cocok untuk Kita" dari saya semoga bisa sedikit membatu utuk sobat yang rencana akan membuka usaha. Atas segala perhatianya saya ucapkan banyak terimakasih.

4 comments for "Cara Mudah Memilih Usaha yang Cocok untuk Kita"

  1. betul banget tuh mas, kalo kerja gak sesuai dengan yang kita sukai nnti ujung ujung nya berhenti dan males karena gak suka.. tapi kalau karena suka, pasti bakal semangat ngejalaninnya :D

    ReplyDelete
  2. Tepat sekali mas,,kaya nya mase ini pengusaha muda sukses ya mas.

    ReplyDelete
  3. Setuju, yang penting kalau mau usaha harus menyesuaikan dengan diri kita sendiri. Bertahap dari hal yang terkecil tapi terus belajar dan konsisten ya, Mas.

    ReplyDelete

* Untuk sobat sobat semua,..silahkan isi komentar dengan hal hal yang pasitif..

* dilarang keras, dalam memasukan link aktif, dan pengiklanan.