Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengantisipasi Terjadinya Pemadaman Listrik Bergilir

Pemadaman bergilir sering juga di sebut dalam bahasa inggris rolling blackout' ini adalah pemadaman listrik yang dilakukan dengan cara sengaja sebagi upaya terahkir oleh suatu perusahaan penyedia listrik utuk menghindari mati listrik total pada suatu sistim jaringan listrik.

Pemadaman listrik terjadi kemungkinan besar karena' kapasitas listrik yang kurang mencukupi dan infrastruktur distribusi yang tidak memadai utuk menyuplai daya listrik yang cukup besar.

Di lingkungan saya sendiri pemadaman listrik terjadi 1 bulan sekali kadang kadang malahan bisa 2 kali dalam satu bulan. Keadaan seperti ini yang sangat menyulitkan menurut saya. Karena menghambat pekerjaan yang sangat membutuhkan listrik.
www.dwiblogblogan.blogspot.com
Pemadaman listrik
Gbr dari google

Apalagi pada saat saat dimana pasokan air lagi sulit, yaitu di karenakan musim kering / kemarau. Sehingga membutuhkan listrik banyak utuk menjalankan mesin air, itu saja airnya sangatlah kecil, jadi perlu waktu lama untuk mengisi bak madi atau bak penampungan. Kalo dalam proses pengisian belum penuh tiba tiba mati, ini dia yang jadi masalah.

Memang sebelum pemadaman di lakukan, sudah di beri informasi dari pihak PLN, tapi yaitu' waktu yang pasti akan listrik matinya itu kapan' tidak tau,.! jadinya tidak bisa siap siap dalm waktu dekat.

Disini saya akan mencoba mengasih solusi, siapa tau sobat sobat semua juga mengalami hal yang sama, yaitu terjadinya pemadaman bergilir, di tempat tinggal sobat.

Mengantisipasi Terjadinya Pemadaman Bergilir


Adapun langkah langkah yang harus sobat lakukan untuk mengantisipasi pemadaman listrik tersebut yaitu"

1. Mencari informasi


Untuk mengetahui apakah di bulan ini akan ada pemadaman listrik, alangkah baiknya sobat banyak cari informasi, jadinya apabila mempunyai pekerjaan yang membutuhkan listrik, bisa terhendel dengan baik.

Pemberitahuan akan adanya pemadaman listrik ini, biasanya melalui RT/RW setempat' atau bisa juga lewat grup media sosial, sebaiknya ikuti group tersebut' sehingga' tidak ketinggalan informasi.

Jadi apabila sobat sudah tau tentang informasi mengenai pemadaman listrik ini, membuat sobat lebih mudah dalam mengantisipasinya.

2. Menyetok Air di penampungan


Mungkin dalam hal menyetok air ini, tidak berlaku bagi sobat yang di rumah/ perumahanya memakai air PAM, atau pula yang tinggal di perkampungan.
Yang mana kalo di perkampungn, pemakaian air bisa tidak menggunakan listrik, melainkan langsung menggayung di sumur lepas, maksud saya sumur galian.

Maksudnya menyetok air di penampungan yaitu, sebagi upaya antisipasi apabila mati lampu terjadi, sehingga pada saat mati lampu berlangsung cukup lama, sobat masih mempunyai cadangan air. Apalagi di musim kemarau' sangat susah untuk mendapatkan air.! Di perumahan saya sendiri kalo pas musim kemarau air bisa keluar' paling tidak jam'12 malem sampai jam 5 pagi, jadinya pada jam jam tersebut, ya' selalu siapin stok air penuh.

3. Mempersiapkan lampu Emergency / lilin dan obor


Dalam mengantisipasi terjadinya pemadaman selajutnya' yaitu" lampu emergency" di anjurkan untuk setiap rumah atau perumahan punya, apalagi yang masih punya anak balaita, wajib memounyai lampu emergency ini.

Sekarang juga sudah banyak bolam lampu LED yang sudah di lengkapi dengan emergency. Sehingga apabila pemadaman terjadi lampu LED ini bisa nyala dengan otomatis.

Selain itu untuk jaga jaga sewaktu waktu lampu emergeny rusak sobat harus menyimpan lilin dan obor utuk jaga jaga.

4. Mengisi penuh batray, pada alat elektronik


Selajutnya isi carger semua alat elektronik yang dirasa sangat penting, seperti, handpon, lap top, senter cas. Bertujuan, apabila pemadaman datang, sobat masih bisa eksis berkomunikasi, baik di media sosial, maupun koling koling temen.

Sedangkan untuk senter cas( sebutan dari saya),, yang di maksud dengan senter cas adalah" senter yang bisa di cas, atau diisi ulang daya listriknya. Senter cas ini bisa di gunakan apabila pemadaman terjadi pada malam hari, sehingga apabila mau keluar rumah, bisa menerangi jalan menggunakan senter cas ini.

4. Sediakan kipas angin manual


Karena suasana yang panas di tambah kipas angin listrik tidak nyala, apalagi bagi ibu ibu yang anaknya masih balita perlu sekali menyediakan kipas angin manual yang biasanya di kipas kipaskan dengan tangan. Kipas angin jenis ini harganya murah tapi kenapa kebanyakan pada males beli ya" hee.

5. Menyiapkan cemilan yang banyak


Sebelum dilanda pemadaman, alangkah baiknya menyediakan cemilan yang banyak, bertujuan" apabila pemadaman berlangsung pada malam hari, jadi tidak perlu males males keluar rumah' kan sudah ada stok makanan.

3 Kemungkinan di atas adalah hal yang dirasa sangat penting, untuk antisipasi terjadinya pemadaman bergilir.

Lalu apa yang harus sobat lakukan apabila pemadaman sedang berlangsung..,?

Apabila pemadaman bergilir sudah menghampiri sobat, yang perlu sobat lakukan adalah"

Apabila pemadamannya terjadi pada malam hari
Karena apabila pemadaman di lakukan pada malam hari' suasana di luar rumah sunyi sepi, jadi' tidak mungkin kalo kita atau anak kita bermain di luar rumah. Maka dari itu buatlah susana ramai di dalam ruangan. Caranya" buatlah permainan yang seru seperti tebak kata, atau apa aja yang penting bikin suasana ramai, jadi ngga jenuh.

Sedangkan apa bila pemadaman berlangsung di siang hari, yang perlu di lakukan yaitu"
Apabila pemadamn pada siang hari, mungkin tidak seribet pada malam hari, karena kita' bisa main di luar rumah, atau bisa pergi ketempat saudara.

Kalo mengantuk' dan perlu tidur siang, sobat tinggal bawa tiker aja keteras rumah dan tidur di teras, kan lebih sejuk karena terkena udara luar, dari pada tidur siang di rumah pas pemadaman,,rasanya sunpek.

Anjuran utuk di baca"
Cara menghemat pemakaian listrik.
Penyebab dan caara mengatasi konsleting pada listrik.
Pemakaian dan perawatan pada bor listrik yang harus sobat ketahui.

Begitulah menurut saya tentang "Mengantisipasi Terjadinya Pemadaman Listrik Bergilir" semoga apa yang saya tuliskan di atas bisa menjadikan sobat lebih ber siap siap apabila pemadaman listrik terjadi di lingkungan tempat tinggal sobat, atas perhataianya saya ucapakan terima kasih.


4 comments for "Mengantisipasi Terjadinya Pemadaman Listrik Bergilir"

  1. sy pribadi biasa suka persiapan cas dulu,tapi kalau mendadak mati lampu bergilirnya lebih baik tinggal tidur lah..ha

    salam kenal bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaa..ia bener mas,,,tapi kadang kadang sayang kalo mau tidur masih sore,,,mending buat nulis artikel...heee ya salam kenal balik..

      Delete
  2. Ini di kostku sering banget terjadi lho, Mas, terakhir aja sampe 2 kali. Yang paling aku gak suka itu, mati lampunya dari pagi sampe sore, udah mah laptop drop, handphone drop. Bingung.. kalau gitu suka kelaur gowes cari referensi untuk nulis.. :)

    ReplyDelete
  3. Emang ngeselin mas kalo mati lampu kaya gitu,,yang bisa kita lakuin cuma pasrah ikhlas,,heee

    ReplyDelete

* Untuk sobat sobat semua,..silahkan isi komentar dengan hal hal yang pasitif..

* dilarang keras, dalam memasukan link aktif, dan pengiklanan.