Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga

Seiring dengan berjalanya waktu semua manusia pasti mengalami yang namanya pernikahan dan berumahtangga. Kalo kita melihat kehidupan rumah tangga orang lain, kelihatanya selalu bahagia selalu senyum tanpa ada cekcok dan air mata, padahal belum tentu begitu.

Kenyataanya setiap rumahtangga pasti ada masalah yang selalu datang tanpa di duga duga, soalnya saya juga mengalami demikian.
dwiblogblogan.blogspot.com
Pertengkaran rumah tangga

Adapun permasalahan yang sering datang tanpa di undang akan saya jelaskan, menurut pengalamn saya selama saya berumah tangga. Yuk di simak"

Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga


1. Segi Ekonomi
2. Rasa Egoisme
3. Merasa Adanya tidak kecocokan dengan pasangan
4. Kurangnya dalam segi Agama

Langsung saja kita bahas satu peesatu.

1. Dari Segi Ekonomi

Ekonomi dalam suatu kehidupan rumah tangga peranya amatlah sangat pentung, ibarat motor ekonomi adalah bensinnya, bisa jalan akan tetapi harus di dorong.

Begitu juga dengan rumah tangga kalo ekonomi hancur jangan harap kehidupan rumah tangga akan harmonis. Bayangkan sobat, gajian bulanan habis ditengah bulan, terpaksa hutang, menjadikan hutang numpuk akhirnya susah untuk menyarutang.

Makadari itu saya pribadi memutar otak 100°, yang pada akhirnya menemukan ide kerja sambilan.
Yaitu berjualan cilor keliling.

Dengan berjualan cilor ini, lumayan membatu ekonomi keluarga kecil saya, ya sekiranya cukup buat beli sayuran tiap harinya.

Anjuran dari saya gan" janganlah menumpuk numpuk utang gan, yang pada akhirnya nanati akan kelilit hutang kita sendiri. Rasanya paiiiiit banget gan, mau ngapa ngapain ndak ada enaknya gan. Ini pengalaman saya gan, jangan sampai pokoknya sobat mengalami. Sehingga istri sensitif banget , menjadikan kerap terjadi percekcokan.

Alangkah baiknya sobat bisa mencegah ekonomi sobat sebelum terlanjur krisis. Atasi dengan"
1. Cari sambilan
2. Selama lagi punya, menabung
3. Infak atau sedekahkan harta kita
4. Selalu berbuat baik kepada orang
5. Selalu berdo'a

Mungkin dengan menerapkan ke 5 di atas akan sedikit membantu terhindar dari krisis ekinomi keluarga.


2. Rasa Egoisme


Ini salah satu yang susah di obati yaitu sifat egois, dalam masalah rumah tangga jika salah satu dari pasangan ada yang punya sifat egoisme yang tinggi pasti akan ada pertengkaran dalam rumah tangga.

Kenapa...?

Karena, jika dalam suatu pasangan dalam rumah tangga ada yang bersifat ego yang tinggi, biasanya akan menyalakan api dan akan cepat membakar.

Namanya manusia itu tidak ada yang sempurna, jadi sesabar sabarnya kita kalo mempunyai pasangan yang egois, dia tidak mau disalahkan dan sukanya malah menyalahkan, yang pada akhirnya kesabaran kita akan selalu di uji.

Setiap manusia pasti ada lelah, capai, letih juga pikiran puyeng, lama kelamaan kesabaran kita habis juga dan akhirnya terjadilah perang dunia ke 3, wadduuh.

Sedangkan sifat egois itu susah lo sob untuk di hilangkan . Ya bersabar dan hati hati yang mempunyai pasangan egois, semoga dia nyadar dan berubah.

3. Merasa Adanya Tidak Kecocokan dengan Pasangan

Biasanya berawal dari pernikahan yang terulang lagi pada jaman siti nurbaya, yang mana pernikahan itu terjadi karena perjodohan. Sehingga tidak ada rasa suka di antara ke 2 belah pihak pasangan atau cuma satu pihak saja yang suka. Sehingga pernikahan itu gampang terpicu oleh masalah sepele yang akhirnya timbul pertengkaran.

Atau pula yang belum bisa mengenal pasanganya saat berpacaran, langsung buru buru menikah yang pada akhirnya akan timbul ke tidak cocokan dalam berumah tangga. Yang pada akhirnya akan cekcok dan berbaku hantam kaya tinju kelas dunia..waw..waw..hee

Saya menganjurkan bagi para anak muda yang lagi mencari pasangan, lebih baik kejar cinta sejati kamu, sebelum dia di pinang orang lain, jadikanlah cinta sejati kamu sebagai cinta suci kamu.

Karena apa..?

Menurut pengalaman hidup saya cinta sejati memang benar benar tidak akan mati. Bahkan ketika kita sudah menikah pun, dalam mimpi dia sering menghampiri.

4. Kurangnya dalam segi AGAMA

penyebab pertengkaran dalam rumah tangga memicu karena kurangnya pendalaman tentang agama. Yang mana agama sudah menerangkan bahkan menegaskan, tentang semua seluk beluk kehidupan yang hakiki.

Dengan berkurangnya penalaran kita terhadap agama yang menjadi pedoman hidup, kita akan terombang ambing oleh derasnya kehidupan yang semakin tidak karuan.a

Begitu juga dengan kehidupan rumah tangga, kalo kehidupan sehari hari tidak di dasari dengan agama, rumah tangga akan berantakan dan ujung ujungnya pertengkara akan sering terjadi.

Kenapa demikian..?

Karena dalam agama itu sudah ada ketentuan, untuk suami juga istri. Yang mana istri punya kewajiban untuk suami yang harus di patuhi, dan suami punya kewajiban terhadap istri yang juga harus di taati.

Kalau ketentuan di atas tidak di laksanakan, maka akan kacau balau, dan terjadi kemelut dalam rumah tangga kita.

5. Kurangnya keterbukaan dan komunikasi

Dalam Kehidupan suatu rumah tangga memang harus saling terbuka, jujur, dan komunikasi. Agar tidak terjadi kerahasiaan antara pasangan, sehingga akan terbentuk keluarga yang harmonis.

Jika dalam rumah tangga saling diam tanpa adanya keterbukaan dan komunikasi, jangan harap deh rumah tangga kita akan bahagia. Yang ada tiap harinya timbul rasa curiga.

Sebetulnya masih banyak sih, penyebab penyebab yang lain, kalo ada saran silahkan usikan saja, lewat komentar gan,, nanti akan saya tambahkan ke artikel saya...di tunggu ya..
Sekian dulu artikel singkat Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga dari saya. Terima kasih.

7 comments for "Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga"

  1. memang semuanya benar, tapi yang paling penting lebih diperdalam kembali pemahaman agamanya, mudah mudahan jadi solusi yang terbaik

    ReplyDelete
  2. Makasih gan masukanya...smoga kita semua bisa belajar dari pengalaman ya gan.

    ReplyDelete
  3. kurangnya keterbukaan dan komunikasi juga termasuk tuh gan :)

    ReplyDelete
  4. Tepat sekali gan..makasih masukanya..nanti saya tambahkan ke artikel...

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Keharmonisan keluarga kadang bisa terganggu loh saat gaji istri lebih besar daripada suaminya. Nah, untuk menghindari konflik akibat hal tersebut, baca ini deh: Tips tetap harmonis meski gaji istri lebih besar daripada suami

    ReplyDelete

  7. Eh iya, ngomongin keluarga, tau ga sih kalo ada sederet masalah finansial yang bisa bikin rumah tangga jadi hancur berantakan? Perlu diwaspadai nih. Cek selengkapnya di sini ya man teman: Masalah finansial yang bikin rumah tangga hancur

    ReplyDelete

* Untuk sobat sobat semua,..silahkan isi komentar dengan hal hal yang pasitif..

* dilarang keras, dalam memasukan link aktif, dan pengiklanan.