Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menghadapi Musim Penghujan

Musim penghujan telah tiba, mungkin ini musim yang di nanti nanti oleh kebanyakan orang, terutama' utuk pertanian dan juga perumahan yang lagi mengalami kesusahan tentang air.

Tapi di samping itu banyak juga aktifitas yang terganggu akibat datangnya musim penghujan yang di antaranya yaitu, para pedagang keliling, para pekerja yang memerlukan perjalanan jauh utuk ketempat kerjaanya dan lain sebaginya.

Tidak hanya itu juga, apabila musim hujan datang, segala macam penyaikit pun mulai berdatangan, yang di antaranya batuk pilek, DBD, dan juga penyakit yang lain. Oleh karena itu saya akan memberikan sedikit tips agar musim penghujan, tidak medatangkan masalah untuk sobat sobatku semua.

Mari di simak tips yang saya sampaikan berikut ini"

www.dwiblogblogan.blogspot.com
Musim hujan tiba
Gbr dari google

Tips Menghadapi Musim Penghujan


1. Memembawa jas hujan dan payung saat mau berpergian.



Karena air hujan bisa menyerang sobat, kapan dan dimana saja' hal yang harus sobat lakukan utuk mengatasinya yaitu dengan membawa payung dan jas hujan apabila mau berpergian.

Sobat cukup siapkan payung yang simpel saja seperti' payung lipat yang bisa masuk kedalm tas. Sedangkan jas hujan bisa sobat letakan di dalam jok motor, terutama bagi yang berkendara motor.

Jadi apabila hujan menyerang sobat bisa langsung keluarin senjata andalan yaitu payung atau jas hujan.

2. Siapkan sedal dan sepatu karet saat mau berangkat kerja.



Utuk berjaga jaga apabila di jalan tiba tiba hujan turun, dan sepatu sobat yang keren super mahal itu basah, alangkah baiknya persiapkan bawa sendal atau sepatu karet, sobat bisa mengganti sepatu saat hujan mulai turun.

Hal ini juga bisa di gunakan utuk mencegah penyakit demam dan flu, yang di sebabkan karena sepatu sobat basah.

3. Kerja bakti memperbaiki atau membersihkan saluran air.



Utuk mencegah terjadinya banjir di lingkungan sobat, yang di karenakan hujan yang ekstrim dalam waktu yang relatif lama, oleh karena itu perlu sekali di adakan kerja bakti membersihkan saluran, begitu juga memperbaiki saluran air yang sudah tidak berfungsi ( mampet) sehingga air bisa jalan dan tidak menggenangi lingkungan.

4. Waspadai penyakit yang sering menyerang pada musim hujan.



Sering kali pada saat musim hujan datang, aneka macam penyakit juga akan berdatangan, seoerti" muntah ber, batuk pilek, DBD, dan lain sebagainya. Oleh karena itu siapakan pencegahan sejak dini, dengan cara, 3 M, (menutup, menguras, dan mengubur) barang bekas yang bisa di genangi air.
Sehingga nyamuk tidak bisa berkembang biak

5. Menjaga kesehatan tubuh


Kebanyakan kondisi daya tubuh di musim hujan melemah dan mudah terkena firus yang menular bahkan terkena penyakit, oleh sebab itu jagalah kesehatan tubuh dengan cara, Olah raga rutin tiap pagi dan minum vitamin C utuk kebugaran tubuh.

Di biasakan bangun pagi hari dan berolah raga juga banyak manfaatnya yang di antaranya yaitu" manfaat biasa bangun pagi hari"

6. Persiapkan lilin dan senter atau lampu emergenci.



Dalam kebanyakan kasus, karena hujan yang begitu derasnya sehingga mengakibatkan, pepohonan tumbang dan mengenai kabal listrik, yang mengakibatkan konsleting pada listrik, sehingga Trafo meledak dan terjadi pemadaman listrik dengan seketika.

Nah, di sini fungsinya, kenapa sobat di anjurkan persiapan lilin, senter dan juga lampu emergenci, yaitu utuk berjaga jaga apabila lampu padam.

7. Selalu bawa handuk dan baju cadangan.



Biarpun sudah pakai jas hujan, payung, atau alat peneduh yang lain, yang namanya air pasti tetap bisa masuk biarpun sedikit, tapi kalo sudah mengenai baju membuat sobat tidak nyaman, dan bisa jadi mengakibatkan demam dan juga flu.

Kalo misalkan sobat membawa baju cadangan dan handuk kan sobat jadi bisa ganti baju dan badan tetap nyaman, karena tidak basah.
Dan begitu pula handuk bisa di gunakan utuk lap rambut biar tidak basah.

Penutup


Dan satu hal lagi yang perlu sobat ingat, dalam masalah jas hujan sebaiknya sobat membeli 2 - 3 setel, bertujuan" utuk mencegah terjadinya masalah mantel (jas hujan) yang tertingal.

Seperti pengalaman saya' karena mempunyai mantel hanya 1, jadi keseringan jas hujan ketinggalan, karena' pas habis pakai pasti, jas basah, otomatis dikeringkan terlebih dahulu menggunakan hanger atau cantelan baju yang lain.

Dan pas mau berangkatkerja buru buru, akhirnya jas hujannya ketinggalan.

Nah" oleh karena sobat mempunyai jas lebih dari 1, ya' paling tidak minimal punya 2, jadi' apabila jas yang 1 basah langsung bisa menyiapkan jas satunya yang kering, di dalm jok motor atu di dalm tas yang biasa sobat pakai. Sehingga tidak ada kasus jas hujan yang ketinggalan.

Oke,,saya rasa sekian Tips Menghadapi Musim Penghujan dari saya, semoga bisa bermanfaat, dan atas perhatianya saya ucapkan banyak TERIMAKASIH.

2 comments for "Tips Menghadapi Musim Penghujan"

  1. Saya sudah sedia jas hujan 2 mang
    dan siap di jok motor
    yang penting jaga kesehatan juga
    rentang kena visus saat hujan gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas adi itu persiapan yang bagus,,sering olah raga juga dong pastinya mas...mantap lah

      Delete

* Untuk sobat sobat semua,..silahkan isi komentar dengan hal hal yang pasitif..

* dilarang keras, dalam memasukan link aktif, dan pengiklanan.