Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Lampu Sein Mati pada Motor Matic

Beberapa waktu yang lalu saya di hadapi dengan permasalahan pada motor saya, yaitu lampu sein (lampu riting) mati. Saya coba' otak atik bungkar kap lampu pada kepala motor, saya lihat bolam lampu masih bagus dan tempat dudukan lampu pun masih mulus.

Setelah itu saya pasang kembali dan mencoba utuk menyalakan saklar, ternyata nyala tapi anehnya, tidak berkedip.

Tidak ambil pusing langsung saya bawa ke bengkel resmi andalan saya, mau bagai mana lagi karena memang motor matic saya ini masih terbilang baru banget, soalnya baru 6 bulan di pake, jadi takut kalo di otak atik sendiri malah jadi rusak.

Sebelum menyerahkan ke bengkel resmi, saya sempatkan untuk bertanya kepada tekhnisi bengkel, penyebab lampu riting bisa mati atau hidup tapi nggak mau berkedip itu penyebabnya apa aja ya bos..?

Penyebab Lampu sein Mati Pada Motor Matic

www.dwiblogblogan.blogspot.com
Penyebab
Lampu sein mati


Penyebabnya yaitu,,
.Bolam sein putus
.Sekring putus
.Aki mati atau soak
.Flasher sein mati
.Ada kabel yang putus

Setelah itu langsung saya pasrahkan motor saya ke tekhnisi dan motor mulai di deteksi satu persatu,.
Langkah pertama yang di priksa adalah,

Bolam sein

  • Kepala motor di bongkar dan bolam di ambil, lalu di tes menggunakan multi tester ternyata masih bagus. Langkah berikutnya pengecekan pada skring.

Sekring

  • Apakah sekring masih bagus atau tidak, dia membungkar bada bagian bawah, kurang paham letaknya, tapi katanya sekringnya masih oke, memang sih seperpat semua baru soalanya motor baru 6 bulan di pakai.

Setelah itu pengecekan di lakukan lagi, ke bagian lain yaitu,

Aki motor

  • Di bongkar bagian aki mitor dan kemudian di tes teganganya, ternyata masih setandar, hanya mencari penyebab lampu sein mati rasanya kok kayak ribet bangt, saya sampai jenuh nelihat dan memahami apa saja yang di lakukan tekhnisi tersebut. Katanya aki masi bagus.

Langsung di urut kelebih dalam lagi, yang di carai adalah,

Flasher

  • Kalo saya sih memang masih belum paham betul tentang otak atik otomotif jadinya cuman nglihatin dan sedikit memahami, setelah tekhnisi bengkel menemukan yang namanya Flasher, ternyata pada bagian ini juga tidak ada kendala apapun, dalam arti masih bagus.

Dan merambat ke bagian lain yaitu,

Kabel

Mungkin memang tekhnisinya juga mulai cape atau lelah, sehingga memutuskan utuk membongkar bagian bodi motor, dan di situ terdapat banyak bangt kabel yang di bungkus dengan siltip (plaster item), setelah di utak atik di telusuri bagin kabel yang kaya apa tau,itu' akirnya saya di panggil, di suruh melihat' bagaimana kondisi kabel yang pada semrawut dan kulitnya terkupas semua, ada juga yang putus.

Katanya motor magic saya kabelnya di grogotin tikus, di dalam bagian dalam body motor. Setelah itu, sikaryawan bengkel menanyakan, kabelnya mau di ganti total apa di perbaiki sementara.

Katanya, kalo di ganti total harganya cukup lumayan, tapi kalo nggak di ganti, suwaktu ada kebakaran atau konsleting, motor matic saya tidak mendapatkan ansuransi, khususnya pada bagian kelistrikan, karena kasus ini merupakan ketledoran sendiri.

Setelah selesai kebenhkel, saya memperhatikan pada saat tengah malam, ternyata tikus kecil gesit, banyak yang keluar, bentuknya kecil, kira kira sebesar ibu jari kaki, tapi sangat lincah dan gesit larinya jadi susah utuk menangkapnya.

Utuk jaga jaga akhirnya pada bagian bodi motor aku kasih pengharum seperti kapur barus, biar si tikus tidak mau masuk lagi dan juga kecoa atau semut tidak bersarang di dalam.

Lihat juga
Vidio cara agar motor matic nyaman saat di kendarai

Memang sih, katanya salah satau cara utuk mengusir tikus yaitu dengan bau bauan, jadinya sinyal penciuman tikus terganggu dan tidak jadi merusak.

Baca juga
Langkah tepat dalam perawatan motor matic.
Pengalaman pertama kali membeli motor matic
Saya rasa sekian dulu artikel tentang " Penyebab Lampu Sein Mati Pada Motor" dari saya, untuk berbagi pengalaman dan juga buat jaga jaga agar sobat tidak mengalami hal yang sama seperti yang saya alamai ini.

Atas segala perhatian, dan sudah berkunjung ke blog saya ini, saya ucapkan banyak terimakasih.

Post a Comment for "Penyebab Lampu Sein Mati pada Motor Matic"