Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Leher Sakit

Sakit leher atau yang sering orang sebut dengan cantengen, merupakan salah satu penyakit yang di sebabkan karena urat pada leher yang menegang atau ketarik. Sebetulnya masalah ini sepele tapi kalo tidak di tangani bisa mengakibatkan lama dalam penyembuhanya.

Adapun beberapa faktor penyebab leher kita sakit yaitu"
www.dwiblogblogan.blogspot.com
sakit leher

1. penegangan otot


banyak terjadi pada semua orang, saya sendiri juga pernah mengalami yang namanya sakit leher seperti ini. penyebab tejadinya penegangan otot bisa terjadi karena salah posisi tidur dalam keadaan ngantuk berat, atau juga dalam keadaan kecapaian. Sedangkan pada saat tidur posisi kepala atau leher salah yang mengakibatkan urat leher bisa ketarik, yang di karenakan tidurnya sangat pulas jadi tidak bergerak sama sekali ( ngulet).

2. Cedera


penyebab terjadinya sakit leher yang kedua yaitu karena terjadi cedera otot leher, cedera otot leher juga banyak di sebabkan oleh, akibat olahraga, akibat kerja ngankat beban berat di atas ketinggian melebihi badan, kecelakaan, terbentur, dll.

3. karena penyakit


terjadinya otot leher sakit terutama di bagian belakang bisa di sebabkan karena adanya suatu penyakit yang di antaranya adalah Darah tinggi, kolesterol tinggi, dan jantung.

halini bisa terjadi karena darah yang mengalir ke otak tidak lancar dan kesumbat di bagian otot leher sehingga mengakibatkan leher kaku bahkan sakit.

dengan adanya penyebab dan terjadi sakit leher seperti yang saya terangkan di atas bisa di atasi dengan terapi pijat yang bisa sobat lakukan di rumah sendiri.

Adapun caranya adalah sebagai berikut"

langkah 1. Pengompresan


pengompresan di lakukan bertujuan utuk mengendorkan urat leher yang tegang, caranya"

  • ambil handuk atau lap kecil, kemudian siapkan air hangat agak panas.
  • kemudian tempelkan pada bagian urat yang sakit.
  • lakukan berulang ulang selama 5menit.


langkah ke 2. pengerokan


pengerokan juga memiliki fungsi, tapi tidak di anjurkan bagi yang tidak biasa kerokan, fungsinya utuk meregangkan atau membuka pori pori.
caranya"

  • ambil minyak But but, minyak ini tidak memiliki evek samping karena terbuat dari bahan alami, sobat bisa mendapatkanya di toko toko herbal terdekat, kalo tidak ada minyak but but sobat bisa pilih minyak yang sejenisnya.
  • kemudian oleskan minyak tersebut kebagian urat leger yang sakit oleskan secara merata.
  • kemudian kerik menggunakan uang logam yang halus pada setiap bagian leher yang sakit, dan pada bagian bahu bawah ( bawah dan samping centongan punggung).
  • kemudian kerok juga pada bagian dada atas tepat di bawah tulang rawan di bagian leher.


langkah ke3. Memijit


setelah pengompresan dan pengerokan sekarang waktunya tahap akhir yaitu pemijatan atau pemijitan. Adapun caranya adalah sebagai berikut"

  • Tuangkan lagi minyak but but kedalam telapak tangan kemudian usapkan kebagian yang sudah di kerok tadi.
  • selanjutnya sobat bisa memijit pada bagian yang sakit menggunakan jempol tangan, dengan cara mengurutnya ( di plurud) lakukan pemijitan selama 15 menit secara berulang.
  • selanjutnya angkat tangan dan sikut sobat kemudian pegangkan ke kepala dan tarik bahu ke samping tahan nafas ketika sudah ditarik bahunya atau sikutnya selama 5 dtik lakukan berulang sampai 5x. selesai.


demikan penyebab dan cara mengatasi sakit leher, tapi khusus buat yang gejala sakitnya karena di akibatkan oleh penyakit cara ini tidak evektif menjamin kesembuhan, cara mengatasinya sebaiknya konsultasikan atau obatkan ke dokter.

saya rasa sekian tips singkat dari saya" yaitu tentang " Penyebab dan Cara Mengatasi Leher Sakit" yang kebetulan sakit leher ini saya alami sendiri, dan artikel yang saya tulis ini adalah pengalaman pribadi yang saya sudaj praktekan, alhasil sembuh.

Atas perhatianya saya ucapkan banyak terima kasih.

Post a Comment for "Penyebab dan Cara Mengatasi Leher Sakit"